Kompas TV kolom budiman tanuredjo

Pulau Jawa Darurat Covid-19 - Opini Budiman

Sabtu, 26 Juni 2021 | 09:03 WIB

Video berdurasi 12,37 menit itu beredar luas. Isinya penjelasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal kegentingan kondisi Covid-19 di Jakarta, Minggu, 13 Juni 2021, malam.

"Dalam situasi sekarang ini, yang penting pertama, keselamatan, kedua keselamatan, ketiga keselamatan. Urusan politik dan lainnya urusan kesekian,” ucap Anies.

Jawaban Anies tepat. Dalam situasi genting saat ini, sikap paling tepat dan bijak adalah mengendalikan penyebaran Covid-19 dan mengutamakan keselamatan warga.

Presiden Joko Widodo berulang kali menyerukan, ”Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.” Kutipan itu datang dari filsuf berkebangsaan Italia, Cicero.

Bukan pula saat yang tepat untuk saling menyalahkan terhadap keadaan ini atau mengecam keadaaan. Justru saatnya saling membantu sesama.  

Pemerintah sudah mengantisipasi ledakan penularan Covid-19. Pemerintah melarang mudik lebaran. 

Namun, larangan itu tak juga digubris. Entah siapa yang salah? Rakyat yang bandel atau otoritas Pemerintah yang melemah?

Ada rakyat yang bandel dengan berbagai alasan, tapi ada juga inkonsistensi Pemerintah. Ada elite yang menyelenggarakan pesta di masa pandemik.

Ada elite melarang mudik, ada juga elite mengajak bekerja dari Bali. Selalu ada sinyal yang saling bersilangan. Akibatnya, pelayanan kesehatan hampir kolaps.

Harian Kompas menulis, Pulau Jawa Darurat Covid-19. Republika menulis, Darurat RS, Darurat Nakes! Rumah Sakit penuh, khususnya di Jawa.

Per 21 Juni 2021, jumlah terkonfirmasi positif menembus angka 2 juta. Tampak ada percepatan penularan Covid-19. Munculnya varian delta mempercepat laju penularan.

Penulis : Aryo bimo

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
02:42
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19