Kompas TV regional berita daerah

Pentingnya Cegah Psikososial Pada Anak di Masa Pandemi

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 15:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengaku sangat mendukung program sekolah ramah anak sehingga perkembangan siswa dapat terpantau dengan baik. Namun yang menjadi permasalahan, selama pandemi pembelajaran dilakukan secara daring sehingga kurang begitu maksimal dibanding pembelajaran tatap muka.

Salah satu dampak pembelajaran daring, banyak siswa yang mengalami mengalami gangguan Psikososial. Oleh karenanya peran guru, orang tua dan siswa sendiri harus selaras untuk mencegah gangguan Psikososial pada anak.

“Kerjasama antara orang tua, sekolah, dan juga siswa, sehingga meskipun dimasa pandemi Covid, proses belajar tetap bisa dilaksanakan secara normal. Jadi harapan kita anak -anak menjadi anak anak yang pinter dan juga berkarakter”, ungkap Gunawan Saptogiri, Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 33 Semarang Didik Teguh Prihanto menegaskan ada sekitar 30 jenis gangguan Psikososial yang di alami siswa salah satunya kurang fokus, dan lebih bersifat acuh tak acuh.

“Salah satu pengembangan sekolah ramah anak, kami atau kita semua harus memasukkan salah satu point penting yaitu penanganan kecenderungan Psikososial. Ini tidak sulit dan tidak menjadi beban, untuk koordinator yang pas adalah guru guru BK dan guru olahraga”, kata Didik Teguh prihanto, Kepala Sekolah SMP Negeri 33 Semarang.

Diharapkan dengan ada penanganan sejak dini, bagi anak yang mengalami Psikososial, oleh orang tua atau pihak sekolah maupun anak itu sendiri, bisa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik.

#Covid19 #DinasPendidikanKotaSemarang #Psikososial #daring 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.