Kompas TV regional peristiwa

Lebih dari 7.000 Tempat Tidur Isolasi Mandiri Covid-19 Disiapkan di Rusun Pasar Rumput

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 15:52 WIB
lebih-dari-7-000-tempat-tidur-isolasi-mandiri-covid-19-disiapkan-di-rusun-pasar-rumput
Resmi jadi tempat isolasi pasien tanpa gejala covid 19, Rusun Nagrak Cilincing terus berbenah. Sejumlah pekerja tengah mempersiapkan fasilitas kamar untuk antisipasi lonjakan pasien pada Rabu 23 Juni 2021. (Sumber: Raeka Singgar / Kompas TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan pemantauan persiapan Rusun Pasar Rumput yang akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 hari ini, Jumat (25/6/2021). 

Riza melakukan pemantauan bersama dengan jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga segenap jajaran dari BNPB, BPBD, DPKP dan PUPR juga Dirut Pasar Jaya. 

Ada 3 tower yang akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri di Rusun Pasar Rumput yakni tower 1, 2, dan 3 dengan jumlah total kamar sebanyak 1.984 kamar. 

Rencananya masing-masing kamar akan diisi oleh empat  tempat tidur sehingga kurang lebih ada 7.936 tempat tidur yang disiapkan di Rusun Pasar Rumput. 

"Kapasitas di sini jumlah kamar dari tower 1, 2, dan 3 itu totalnya ada 1984 kamar, direncanakan diisi dengan paket 4 tempat tidur, itu totalnya berarti kurang lebih 7936 tempat tidur yang akan dipersiapkan," kata Riza di Rusun Pasar Rumput, Jumat (25/6/2021). 

Baca Juga: Rusun Nagrak Bisa Penuh dalam Sebulan Jika Kasus Covid-19 Terus Melonjak

Terkait persiapan dari ruangan isolasi, Riza mengatakan saat ini tengah dipasang sejumlah kelengkapan seperti tempat tidur, AC, dan lainnya. Sementara itu, pengelolaan dan sistem manajemennya akan diatur oleh pihak BNPB dan diawasi oleh DPKP

"Nanti dari BNPB akan mengatur sistem dan manajemennya, pengelolaannya, tentu diawasi oleh DPKP agar semua sesuai prosedur, SOP dan peraturan perundang-undangan yang ada," kata Riza.

"Prinsipnya kami DKI Jakarta bersama pemerintah pusat dan satgas pusat satgas terus berupaya menyiapkan berbagai fasilitas dan dukungan bagi upaya pencegahan penanganan Covid-19 di DKI Jakarta," sambungnya. 

Pengoperasian Rusun Pasar Rumput sebagai ruang isolasi mandiri pasien Covid-19 mengikuti Rusun Nagrak yang sebelumnya sudah dibuka pada Senin (21/6/2021) sore. 

"Kita tau bahwa wisma atlet sudah hampir penuh, beberapa waktu lalu kita sudah siapkan Rusun Nagrak ya, di Cilincing, dan sekarang kita siapkan di sini di Pasar Rumput dan tempat-tempat lain di wilayah Jakata," ujar Riza. 

Baca Juga: Berkurang, Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Kini Sebanyak 8.104

Per hari Jumat (25/6/2021) pukul 08.00 WIB, pasien rawat inap di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet kini berjumlah 8.104, berkurang sebanyak 310 orang dari kemarin. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x