Kompas TV TALKSHOW inspirasi sehat

Terapi Musik Bagi Anak Berkebutuhan Kusus - AYO SEHAT

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 11:54 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Tentu pernah mendengar istilah terapi musik bagi kesehatan. Ya, terapi musik, bisa berupa mendengarkan musik, bernyanyi, menggerakkan badan sesuai irama, meditasi menggunakan iringan musik, hingga memainkan alat-alat musik. 

Terapi musik sendiri dapat diterapkan diberbagai kondisi, baik untuk orang dewasa ataupun anak-anak. 

Terapi ini dapat membantu mereka yang merasakan kecemasan, depresi, dan trauma. Sekaligus membantu untuk mengungkapkan sumber peristiwa trauma, yang mendasarinya. 

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental mereka yang menjalaninya, terapi musik juga dapat diterapkan pada anak-anak berkebutuhan khusus. American music therapy association atau AMTA menyatakan, bahwa musik bisa menjadi terapi efektif bagi anak-anak berkebutuhan khusus, seperti down syndrome, autisme, cerebal palsy, dan cidera otak.

Melalui terapi musik, anak-anak berkebutuhan khusus dapat melatih motorik, membangun komunikasi dengan orang sekitar, meredam atau mengendalikan emosi, mengembangkan kognitif, serta meningkatkan rasa percaya diri.

Dan untuk mengetahui lebih jauh seputar apa, bagaimana, serta manfaat terapi musik bagi anak berkebutuhan khusus, ikuti pembahasanya bersama sejumlah narasumber, hanya di Ayo Sehat.

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.