Kompas TV nasional kesehatan

Sayangi Saluran Pencernaan Anda dengan Cara Berikut!

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 01:01 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Menjaga kesehatan tubuh, tentunya tidak hanya pada bagian luar tubuh saja, namun, kesehatan pada bagian dalam tubuh, juga hrus tetap kita jaga. Salah satu cara untuk menjaga bagian dalam tubuh kita, adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, sesuai dengan kebutuhan tubuh kita.

Seperti saluran pencernaan yang kurang terjaga, tentunya dapat menyebabkan penyakit muncul, tidak hanya pada bagian dalam tubuh kita, namun hal ini juga akan mengganggu kesehatan pada bagian luar tubuh kita.

Salah satu penyakit dari saluran pencernaan yang kurang terjaga kesehatannya, adalah wasir. Saat ini , masih banyak masyarakat yang masih beranggpan, bahwa wasir disebabkan oleh asupan makanan yang pedas. Namun, hal ini tidak sepenuhny benar. Akan tetapi, berlebihan dalam mengonsumsi makanan pedas, dapat mengakibatkan seseorang mengalami diare berkepanjangan, hingga berubah menjadi wasir. 

Selain wasir, penyakit yang sering dialami akibat kurangnya menjaga kesehatan saluran pencernaan, yaitu sembelit. Sembelit atau sulit buang air besar, umumnya disebabkan karena kurangnya perhatian terhadap asupan makanan yang kita konsumsi. Makanan beserat seperti sayuran dan buah buahan, akan sangat membantu tubuh kita, guna terhindar dari wasir, atau sulit buang air besar.

Selain kedua penyakit wasir dan sembelit, masih terdapat beberapa penyakit lainnya , yang disebabkan karena kurangnya perhatian kita terhadap kesehatan saluran pencernaan. Dan tentunya, penyakit-penyakit ini, tidak hanya menggangu kehidupan kita saja, namun juga dapat menyebabkan kematian.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x