Kompas TV nasional kesehatan

Cara Mencegah Anak dalam Ketergantungan Terhadap Gawai

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 05:01 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Kemajuan teknologi saat ini merupakan suatu hal yang sulit untuk kita hindari. Seperti halnya gawai yang setiap saat kita gunakan, apabila diperuntukan untuk hal yang tepat, maka teknologi ini akan sangat mempermudah aktifitas kita. Namun tidak sedikit pula kemajuan teknologi seperti gawai ini menjadi alat yang membuat seseorang menjadi ketergantungan.

Lalu bagaimana cara anak kita dapat terhindar dari ketergantungan akan gawai. Berikut informasinya untuk anda. Anak-anak yang memiliki ketergantungan pada gawai merupakan fenomena yang sering kita temui. Dari banyaknya kasus ketergantungan anak terhadap gawai ini, sepatutnya orang tua dapat mulai membentengi diri anak anak, sedari dini.

Walau awalnya tanpa disadari, namun lambat laun, ketergantungan anak terhadap gawai, akan menjadi hal yang tidak dapat disepelekan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, terutama pada masa sekolah. Beberapa dampak dari ketergantungan gawai pada anak diantaranya adalah, sulit berkonsentrasi saat belajar. 

Menurunkan kemampuan kognitif pada anak, seperti daya ingat, daya tangkap, dan juga bahasa. Merusak mata. Terganggunya waktu istirahat atau tidur. Dan emosi yang tidak terkontrol. Untuk menghindari hal ini terjadi, sudah sepatutnya para orang tua dapat mengantisipasi hal ini terjadi. Lalu bagaimana cara mengantisipasi, agar anak anak terhindar dari ketergantungan pada gawai. Temukan jawabannya di Ayo Sehat.

Video ini tayang pada tanggal 21 Mei 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.