Kompas TV nasional agama

Ini Doa yang Mustajab Dibaca di Hari Jumat Pagi, Akan Diampuni Dosa Meski Sebanyak Buih di Lautan

Kompas.tv - 25 Juni 2021, 04:30 WIB
ini-doa-yang-mustajab-dibaca-di-hari-jumat-pagi-akan-diampuni-dosa-meski-sebanyak-buih-di-lautan
Ilustrasi seseorang sedang memanjatkan doa di hari Jumat. (Sumber: Unsplash)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bagi umat Muslim, sebagian doa akan lebih mustajab jika dibaca di waktu yang tepat. Salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah hari Jumat di pagi hari.

Seperti diketahui, hari Jumat merupakan hari yang mulia bagi umat Muslim karena memiliki sejumlah keutamaan dan kemuliaan.

Hari Jumat juga dianggap sebagai sebaik-baiknya hari karena pada hari tersebut Nabi Adam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Waktu Mustajab untuk Berdoa di Hari Jumat

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jumat, (karena) pada hari ini Adam diciptakan. Hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim).

Melansir Tribun Jogja, Jumat (25/6/2021), terdapat salah satu doa yang dianjurkan oleh Rasulullah dan dibaca pada pagi hari. Doa ini ditemukan di dalam Kitab Al-Azhar karya Imam An-Nawawi.

Doa dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali agar Allah Swt mengampuni dosa hambanya.

“Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas RA, dari Nabi Muhammad Saw bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum salat pagi dengan, ‘Astaghfirull halladz l il ha ill huwal hayyul qayy mu, wa at bu ilaihi’ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan," (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 71).

Baca Juga: Ibadah Haji Batal, Gubernur Khofifah Indar Parawansa Ajak Warga Jatim Calon Jemaah untuk Tawakal

Berikut lafaz Arab, latin, dan terjemahan doa yang mustajab dibaca pada hari Jumat pagi.

Astaghfirull halladz l il ha ill huwal hayyul qayy mu, wa at bu ilaihi.

Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x