Kompas TV internasional kompas dunia

Chile Sukses Vaksinasi 80 Persen Rakyatnya, Pelajari Kemungkinan Suntikan Ketiga

Jumat, 25 Juni 2021 | 02:05 WIB
chile-sukses-vaksinasi-80-persen-rakyatnya-pelajari-kemungkinan-suntikan-ketiga
Warga lanjut usia menunggu untuk divaksinasi di sebuah lokasi vaksinasi di Vina del Mar, Chile, pada 8 Februari 2021. (Sumber: Xinhua/Jorge Villegas)

SANTIAGO, KOMPAS.TV - Chile berhasi memvaksinasi 80 persen dari populasi targetnya dengan setidaknya satu dosis vaksin Covid-19, seperti disampaikan Menteri Kesehatan Chile Enrique Paris pada Rabu (23/06/2021) yang dilansir Xinhua, Kamis, (24/06/2021).

"Setelah bekerja keras selama hampir lima bulan di seluruh Chile, kami berhasil melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 80,26 persen dari populasi target, atau 12.199.649 orang hingga Selasa (22/06/2021) malam," ujarnya kepada wartawan. "Itu merupakan tujuan utama pertama kami, dan saat ini kami dapat mengatakan, 'misi berhasil'."

Wakil Menteri Kesehatan Chile Paula Daza mengimbau seluruh warga untuk terus berhati-hati, menaati upaya pencegahan, dan mengenakan masker dengan benar.

"Pandemi ini belum berhenti dan kita harus terus bekerja sama untuk mengendalikannya," tambahnya.

Hingga saat ini, upaya kampanye vaksinasi massal Chile telah menyuntikkan 21.724.741 dosis sejak dimulai pada 3 Februari lalu.

Baca Juga: Varian Baru Covid-19, Prancis Karantina Kedatangan dari Brasil, Argentina, Chile, dan Afrika Selatan

Presiden Chile, Sebastian Pinera. Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu, (23/06/2021), Presiden Sebastian Pinera mengatakan sedang mengkaji "banyak studi ilmiah" untuk menentukan apakah dosis ketiga akan diperlukan saat ia meluncurkan peluncuran vaksin di kalangan remaja di Chile.(Sumber: AP Photo)

Sementara itu, Chile sedang mempelajari kemungkinan memvaksinasi dosis ketiga vaksin Covid-19, saat negara itu berusaha untuk mengalahkan gelombang infeksi terbaru, dan di tengah pertanyaan seberapa efektif vaksin Sinovac melawan varian virus terbaru yang lebih menular.

Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu, (23/06/2021), Presiden Sebastian Pinera mengatakan para ahli kesehatan sedang mengkaji "banyak studi ilmiah" untuk menentukan apakah dosis ketiga akan diperlukan saat ia meluncurkan peluncuran vaksin di kalangan remaja di Chile.

“Sebagai pemerintah kita tidak saja memperhatikan masalah hari ini tetapi juga harus mengantisipasi dan mempersiapkan diri untuk menghadapi masalah hari esok,” tambahnya.

Chile sangat bergantung pada vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac China, dan meluncurkan salah satu kampanye vaksinasi tercepat di dunia.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Peristiwa

Ibu Mertua SBY Meninggal Dunia

Senin, 20 September 2021 | 19:17 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19