Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Akan Batasi Ketat Iklan Makanan Tidak Sehat atau Junk Food dari TV dan Internet

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 23:40 WIB
inggris-akan-batasi-ketat-iklan-makanan-tidak-sehat-atau-junk-food-dari-tv-dan-internet
Berdasarkan rencana tersebut, iklan makanan tinggi lemak, garam dan gula akan dilarang muncul di televisi atau program on-demand Inggris sebelum jam 9 malam (Sumber: Unsplash via Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV - Inggris akan melarang iklan yang mempromosikan makanan tidak sehat muncul di televisi pada siang hari dan di Internet sepanjang waktu, sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengatasi obesitas dan mendorong kebiasaan makan yang sehat, seperti dilansir Straits Times, Kamis, (24/06/2021)

Aturan baru yang akan mulai berlaku pada akhir tahun depan itu dirancang untuk mengubah tren saat ini di mana satu dari tiga anak yang lulus sekolah dasar mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Keputusan itu memicu reaksi marah dari beberapa kelompok media.

Berdasarkan rencana tersebut, iklan untuk makanan yang tinggi lemak, garam dan gula akan dilarang muncul di televisi atau program on-demand Inggris sebelum jam 9 malam.

Makanan tersebut juga akan dilarang terlihat di slot berbayar online internet, tetapi memungkinkan iklan tersebut tetap muncul di situs web produsen dan halaman media sosial mereka.

Pemerintah mengatakan pembatasan akan berlaku untuk semua bisnis dengan 250 atau lebih karyawan yang membuat atau menjual produk, membantu melindungi perusahaan kecil yang hanya mampu beriklan secara online.

"Konten yang dilihat anak-anak dapat berdampak pada pilihan yang mereka buat dan kebiasaan yang mereka bentuk," kata Menteri Kesehatan Masyarakat Inggris Jo Churchill, Kamis (24/6/2021).

"Seiring anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu online, penting bagi kita untuk bertindak melindungi mereka dari iklan yang tidak sehat."

Baca Juga: 60 Persen Produk Nestle Disebut Tidak Sehat, Apa Kata BPOM?

Ilustrasi junk food. Analisis yang dikutip oleh pemerintah Inggris menunjukkan, hampir setengah dari semua iklan makanan TV yang ditampilkan dalam sebulan di tahun 2019 adalah iklan makanan tidak sehat. (Sumber: Tribunnews)

Analisis yang dikutip oleh pemerintah menunjukkan, hampir setengah dari semua iklan makanan TV yang ditampilkan dalam sebulan di tahun 2019 adalah iklan makanan tidak sehat.

Pajak gula yang diberlakukan pada 2018 mendorong beberapa produsen minuman untuk memangkas kadar gula mereka.

Asosiasi Berita dan Media (NMA) mengatakan kekecewaannya dengan keputusan tersebut karena tidak ditemukan hubungan yang jelas antara paparan iklan dan obesitas pada masa kanak-kanak.

"Alih-alih mengatasi masalah obesitas pada masa kanak-kanak, tindakan kejam ini akan merugikan penerbit media berita yang mengandalkan pendapatan iklan untuk mendanai jurnalisme yang membuat kita semua mendapat informasi," kata Direktur Urusan Hukum, Kebijakan dan Peraturan NMA Sayra Tekin.

Saham di penyiar komersial terbesar Inggris ITV turun kurang dari 1 persen, sementara kelompok surat kabar Reach turun 1,5 persen dan Daily Mail dan General Trust turun 2 persen.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x