Kompas TV regional berita daerah

Sate Jamur Tiram Teksturnya Kenyal, Berasa Makan Daging

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 17:50 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sate umumnya terbuat dari daging ayam atau kambing, namun di Jember Jawa Timur ada sebuah kedai yang menyajikan sate dari jamur tiram. Sate jamur ini dipercaya menyehatkan karena dibudidayakan secara organik.

Sate jamur tiram organik menjadi menu favorit di kedai sederhana yang berada di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Sate jamur tiram organik sangat spesial, karena jamur dibudidayakan secara organik, bahkan pembeli dapat memilih dan memetik langsung jamur yang diinginkan.

Pembuatannya cukup sederhana, diawali dengan mencuci jamur segar lalu direbus. Seperti layaknya sate ayam dan kambing, sate jamur tiram juga dibakar di atas tungku perapian dari kayu dan bambu.

Pengelola kedai jamur, Evawati Ningrum menjelaskan bahwa bumbu sate jamur tiram memadukan kecap, bawang merah, cabai dan bumbu kacang. Meski awalnya coba-coba, namun sate jamur tiram langsung mendapat respon baik dari pecinta kuliner berbahan jamur.

Salah satu penikmat sate jamur tiram, yakni Ranny mengaku selain rasanya unik dan berbeda, sate jamur tiram organik menyehatkan dan teksturnya kenyal sehingga mirip menyantap sate daging.

Satu porsi sate jamur tiram lengkap dengan sepiring nasi dijual dengan harga 19 ribu rupiah. Selain diolah menjadi sate, jamur tiram organik juga diolah menjadi aneka menu makanan lainnya, seperti jamur krispi, sup jamur dan jamur pepes.

 

#JamurTiram #Sate #BudidayaJamur #Kuliner #Kedai #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x