Kompas TV nasional politik

Habib Rizieq Divonis 4 Tahun, Hidayat Nur Wahid: Tidak Menghadirkan Rasa Keadilan Publik

Kamis, 24 Juni 2021 | 16:01 WIB
habib-rizieq-divonis-4-tahun-hidayat-nur-wahid-tidak-menghadirkan-rasa-keadilan-publik
Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) di DPR, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (Sumber: KOMPAS.com/TSARINA MAHARANI )

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyesalkan putusan Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang menjatuhkan vonis 4 tahun penjara kepada Rizieq Shihab terkait kasus tes swab RS UMMI.

Politikus PKS itu menilai vonis tersebut sangat jauh dari harapan masyarakat dan amat menunjukkan bahwa pengadilan bukan tempat untuk mencari keadilan bagi masyarakat. Oleh sebab itu, wajar saja apabila Rizier Shihab mengajukan banding atas keputusan tersebut. 

Baca Juga: Rizieq Shihab Divonis 4 Tahun Penjara Kasus Tes Swab RS UMMI

"Saya menilai wajar bila Habib Rizieq menolak vonis itu dan kemudian menuntut banding. Karena vonis itu tidak menghadirkan rasa keadilan publik, karena banyak kasus yang terbukti terjadi kebohongan publik terkait Covid-19," kata Hidayat kepada Kompas TV, Kamis (24/6/2021).

Ia menyebut bahwa banyak pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di Indonesia, tapi tidak tersentuh oleh hukum. 

"Terkait swab di RS UMMI, keonaran apa yang ditimbulkan? Jadi fakta yang disebutkan tentang keonaran dan kebohongan publik kan secara kasat mata khalayak umum melihat tidak terjadi. Sehingga wajar bila melakukan banding," ujarnya. 

Ia berharap kepada majelis hakim di tingkat banding nanti dapat melihat fakta dan bukti yang ada di lapangan terkait kasus tersebut secara jernih. Sehingga diharapkan Habib Rizieq dapat mendapatkan vonis bebas saat melakukan banding. 

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:02
WHO: VARIAN DELTA JENIS VIRUS KORONA TERCEPAT DAN TERKUAT, VAKSINASI HARUS DIPERCEPAT   VAKSIN COVID-19 SPUTNIK V TELAH DIGUNAKAN DI 40 NEGARA   WHO TEMUKAN MASALAH DI SITUS PRODUKSI VAKSIN COVID-19 BUATAN RUSIA, SPUTNIK V   MANTAN PRESIDEN FILIPINA BENIGNO AQUINO III MENINGGAL DUNIA SETELAH SAKIT BEKERPANJANGAN   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT PENGEMBANGAN PELABUHAN ANGGREK DI GORONTALO DIMULAI TAHUN INI   BALE KOTA TASIKMALAYA DITUTUP SEMENTARA SELAMA SEPEKAN SETELAH PLT WALI KOTA M YUSUF POSITIF COVID-19   PLT WALI KOTA TASIKMALAYA M YUSUF POSITIF TERINFEKSI COVID-19   POLISI TANGKAP 200 SIMPATISAN RIZIEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR, ADA YANG MEMBAWA SENJATA TAJAM   RIZIEQ SHIHAB AJUKAN BANDING ATAS VONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM PERKARA KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   TERBUKTI SEBAR BERITA BOHONG DAN BUAT ONAR, RIZIEQ SHIHAB DIVONIS 4 TAHUN PENJARA DALAM KASUS TES USAP DI RS UMMI BOGOR   KEMENPERIN GANDENG ASOSIASI GAS INDUSTRI INDONESIA (AGII) JAGA PASOKAN OKSIGEN RS YANG MENANGANI COVID-19   IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA: 2.972 ANAK DI BANTEN POSITIF COVID-19, TERJANGKIT DARI ORANGTUA YANG ABAI PROKES   KEMENDIKBUD-RISTEK AKUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI BANYAK DAERAH BELUM OPTIMAL KARENA BANYAK KENDALA   KEMENDIKBUD-RISTEK: JIKA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DILAKUKAN SAAT INI, MAKA BISA ATAS "LEARNING LOSS"