Kompas TV nasional kesehatan

Vaksinasi Indonesia Baru 4,7 Persen, Kapan Herd Immunity?

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 15:37 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Angka vaksinasi Covid-19 di Indonesia baru mencapai 4,7 persen dari total populasi 270 juta penduduk. Artinya baru 12,6 juta orang yang mendapatkan vaksinasi secara lengkap, yakni dua dosis suntikan vaksin.

Angka ini masih jauh dari target, karena herd immunity bisa tercapai jika minimal 70 persen penduduk Indonesia sudah divaksin. Artinya, butuh 181 juta orang mendapatkan vaksin secara lengkap jika ingin mencapai kekebalan kelompok.

Pemerintah sendiri menargetkan vaksinasi Indonesia selesai dalam 15 bulan sejak program vaksinasi Indonesia pertama kali dilakukan pada Januari lalu.

Jika dibandingkan dengan negara AS dan Inggris, angka vaksinasi Indonesia termasuk rendah. Angka vaksinasi Amerika Serikat, sudah mencapai angka 45,8 persen. Artinya, sudah hampir setengah populasi AS sudah mendapatkan vaksin.

Begitu juga dengan Inggris, angka vaksinasi di negara Ratu Elizabeth itu sudah mencapai 47,2 persen.

Namun, jika dibandingkan dengan negara-negara Asia Tenggara, angka vaksinasi Indonesia masih di bawah Singapura dan di atas negara seperti Kamboja, Myanmar, dan Vietnam.

Video editor: Noval

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Usia 18 Tahun ke Atas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.