Kompas TV nasional peristiwa

Catat Waktu, Wilayah, dan Cara Mengamati Strawberry Supermoon yang Akan Terjadi Malam Ini

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 14:12 WIB
catat-waktu-wilayah-dan-cara-mengamati-strawberry-supermoon-yang-akan-terjadi-malam-ini
Ilustrasi penampakan dari fenomena Strawberry Supermoon. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Langit malam Indonesia bakal dihiasi dengan fenomena astronomi cantik yang disebut dengan Strawberry Supermoon pada hari ini, Kamis (24/6/2021).

Menurut glosarium astronomi Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), supermoon sendiri merupakan istilah untuk Bulan purnama atau Bulan baru.

Melansir Kompas.com, Rabu (23/6/2021), fenomena supermoon terjadi lantaran berbarengan dengan masa Perige Bulan, yaitu titik terdekat Bulan dengan Bumi.

Meski fenomena tersebut dapat terulang empat sampai enam kali dalam setahun, tak ada salahnya jika malam ini kita habiskan untuk menikmati panorama Strawberry Supermoon.

Untuk itu, berikut infromasi mengenai Strawberry Supermoon, mulai dari waktu, wilayah, penampakan, hingga cara mengamatinya. 

Baca Juga: Fakta Gerhana Bulan Total Hari Ini yang Bertepatan dengan Hari Raya Waisak 26 Mei 2021

Waktu

Peneliti Pusat Sains dan Antariksa Lapan, Andi Pengerang menjelaskan bahwa bulan Juni memang menjadi momen dari Strawberry Supermoon.

Hal tersebut didasarkan pada almanak tradisional petani Amerika, yang mana di belahan Bumi utara sana biasanya memanen buah stroberi matang pada bulan Juni.

Fase puncak dari Strawberry Supermoon sebenarnya terjadi pada Jumat (25/6/2021) pukul 01.39.33 WIB atau 02.39.33 WITA atau 03.39.33 WIT, namun sudah dapat disaksikan sejak malam nanti.

Pada Jumat dini hari nanti, Bulan super tersebut akan berkulminasi di arah selatan dan terbenam di arah barat-barat daya, setelah terbit Matahari.

Baca Juga: Viral Supermoon di Langit Sumedang Berbentuk Lafaz Allah

Terkait durasinya, Strawberry Supermoon dapat dilihat seperti Bulan purnama lainnya, yakni dari terbit Bulan saat matahari terbenam sampai keesokan hari saat Bulan terbenam.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x