Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Indonesia di Sofia Napak Tilas ke kota Montana untuk Mengenang Perjalanan Jokowi ke Bulgaria

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 13:40 WIB
dubes-indonesia-di-sofia-napak-tilas-ke-kota-montana-untuk-mengenang-perjalanan-jokowi-ke-bulgaria
Dubes Indonesia di Sofia Iwan Bogananta bersama Walikota Montana, Bulgaria, Mr. Zlatko Zhivkov. (Sumber: KBRI Sofia)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

BULGARIA, KOMPAS.TV - Duta Besar (Dubes) Indonesia di Sofia, Iwan Bogananta, melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke kota Montana, Bulgaria pada Senin, (21/6/2021).

Kunjungan tersebut merupakan undangan dari Walikota Montana kepada Dubes Iwan untuk menghadiri perayaan Day of the Holy Spirit di tanggal 21 Juni.

Pada kunjungan itu, Dubes Iwan melakukan pertemuan dengan walikota Montana, Mr. Zlatko Zhivkov.

Keduanya membahas beberapa peluang kerja sama. Termasuk kemungkinan penamaan jalan dengan nama tokoh Indonesia di Montana. 

Penamaan jalan itu dimaksudkan sebagai cerminan hubungan baik Indonesia dan Bulgaria yang telah terjalin selama 65 tahun.

Di akhir pertemuan, Walikota Montana memberikan kenang-kenangan berupa sebuah sepeda kepada Dubes Iwan.

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting di 21 Juni, Ulang Tahun Jokowi hingga Presiden Pertama Indonesia Soekarno Wafat

Selain itu, Iwam juga memanfaatkan kunjungan tersebut untuk sekaligus melakukan napak tilas perjalanan Presiden Jokowi ke Montana 14 tahun silam. 

Ia berkunjung ke beberapa lokasi yang pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi di tahun 2007, seperti Montana Central Square. 

"Perayaan Day of the Holy Spirit tahun 2021 jatuh di hari yang sama dengan hari ulang tahun Presiden Jokowi yang ke-60," dikutip dari keterangan tertulis KBRI Sofia yang diterima KOMPAS TV, Kamis (24/6/2021). 

Masih dalam keterangan sama, KBRI Sofia mengatakan bahwa atas dasar hubungan baiknya dengan Jokowi yang telah terjalin sejak kunjungannya ke Montana tahun 2007 silam, Walikota Montana secara khusus membuat video ucapan selamat ulang tahun kepada orang nomor wahid Indonesia itu. 

“Bagi saya beliau adalah sosok pemimpin yang baik. Saya berharap ia dapat kembali datang ke Bulgaria, khususnya Montana.” kata KBRI Sofia menuturkan kembali ucapan ulang tahun Walikota Montana untuk Jokowi. 

Kunjungan Joko Widodo ke Montana, Bulgaria yang Saat Itu Masih Menjabat Walikota Solo Tahun 2007 Silam (Sumber: KBRI Sofia)

Seperti diketahu, Jokowi sebelumnya melakukan kunjungan kerja ke kota Montana pada tahun 2007. Saat itu Jokowi masih menjabat sebagai Walikota Solo.

Saat itu, kunjungan dilakukan mantan Walikkota Solo itu untuk mendiskusikan peluang kerja sama kota kembar antara Solo dan Montana.

Baca Juga: Di Tengah Pandemi, Kaum Muslim Bulgaria Gelar Festival Sunatan Massal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x