Kompas TV euro 2020 serba serbi

Ali Daei Merasa Terhormat, Rekor 109 Golnya Disamai Cristiano Ronaldo

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 12:51 WIB
ali-daei-merasa-terhormat-rekor-109-golnya-disamai-cristiano-ronaldo
Penyerang bintang Portugal Cristiano Ronaldo. Dalam EURO 2020, Portugal dan Spanyol terancam menghadapi skenario terburuk tak bisa lolos ke babak 16 besar. (Sumber: USA Today)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

BUDAPEST, KOMPAS.TV - Striker legendaris tim nasional (timnas) Iran, Ali Daei merasa terhormat, rekor 109 golnya di level internasional berhasil disamai oleh Cristiano Ronaldo. 

Ronaldo membukukan catatan bersejarah saat bermain di matchday terakhir Grup F Euro 2020 kontra Perancis. 

Laga Portugal vs Perancis yang bertempat di Stadion Puskas Arena, Rabu (23/6/2021), berkesudahan dengan skor akhir 2-2. 

Dua gol Portugal dicetak oleh Ronaldo, semuanya melalui titik putih. Sementara Karim Benzema memborong seluruh gol Les Bleus. 

Portugal unggul lebih dulu ketika pertandingan memasuki menit 30 lewat titik putih. 

Kiper Perancis, Hugo Lloris melanggar Danilo Pereira di kotak terlarang. Ronaldo yang maju menjadi eksekutor sukses menunaikan tugasnya dengan baik. 

Baca Juga: Wah, Cristiano Ronaldo Jadi Manusia Pertama dengan 300 Juta Followers

Jelang jeda laga, Perancis giliran mendapatkan hadiah penalti. Karim Benzema berhasil memaksa babak pertama berakhir sama kuat. 

Dua menit usai turun minum, Benzema berhasil membawa Perancis berbalik unggul. 

Namun, Portugal selamat dari kekalahan. 13 menit setelah kebobolan gol kedua, Portugal mendapatkan kembali hadiah penalti. Ronaldo kembali sukses menaklukkan Hugo Lloris. 

Selain memastikan Portugal lolos ke babak 16 besar, dua gol Ronaldo ini membuatnya menyamai rekor 109 gol Ali Daei di level internasional. 

Bomber berusia 36 tahun menjadi pesepakbola pria kedua yang sukses mencetak 100 gol lebih di level internasional. 

Ditilik dari caranya mencetak gol, 10 kali Ronaldo mencetak gol bersama Portugal lewat tendangan bebas, 85 kali dari situasi open play, serta 14 kali dari eksekusi penalti. 

Kaki kanan Ronaldo masih menjadi bagian tubuhnya yang paling berbahaya. 59 dari 109 golnya lahir lewat kaki kanan, 25 dari kaki kiri, sementra 25 lainnya lewat kepalanya. 

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Cetak 4 Rekor Piala Eropa di Laga Hungaria vs Portugal

Sadar rekornya disamai oleh Ronaldo, Ali Daei merasa tehormat. 

"Selamat kepada Cristiano Ronaldo yang kini tinggal satu gol lagi untuk memecahkan rekor gol internasional pesepakbola putra," tulis Ali Daei di akun Instagram pribadinya.

"Saya merasa terhormat bahwa pencapaian luar biasa ini akan menjadi milik Ronaldo - juara sepak bola yang hebat dan humanis yang peduli yang menginspirasi dan mempengaruhi kehidupan di seluruh dunia," tandas eks penyerang Bayern Munchen. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ali Daei (@alidaei)

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x