Kompas TV regional peristiwa

Anies: Makam Khusus Jenazah Covid-19, TPU Rorotan, Sudah Terpakai 900 Petak

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 11:27 WIB
anies-makam-khusus-jenazah-covid-19-tpu-rorotan-sudah-terpakai-900-petak
Gubernur DKI Jakarta saat meninjau tempat pemakaman jenazah pasien kasus Covid-19 di Rorotan, Cilincing Jakarta Utara. (Sumber: Twitter @aniesbaswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan lahan pemakaman khusus jenazah Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara, sudah terisi sebanyak 900 petak pada Rabu (23/6/2021). 

Hal ini ia ungkapkan saat meninjau kesiapan TPU Rorotan bersama Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali, berserta jajarannya.

TPU Rorotan ialah lahan pemakaman khusus jenazah Covid-19 yang disiapkan sebesar tiga hektar.

"Disiapkan 3 hektar dan sudah terpakai 900 makam. Jenazah pasien Covid-19 akan dibawa ke TPU Rorotan sehingga semua bisa terkonsentrasi. Kita tidak ingin tempat ini terpakai banyak," kata Anies dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (24/6/2021). 

Dalam tinjauan tersebut, Gubernur Anies ingin memastikan  lahan pemakaman yang disiapkan bisa dikondisikan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Duka di Atas Pemakaman Covid-19, Anies Baswedan: Itu Bukan Sekadar Angka

"(Jenazah terpapar COVID-19) dimakamkan di sini, sehingga bisa terkonsentrasi. Lalu, lakukan koordinasi (bagi petugas makam), menggunakan alat komunikasi jarak jauh, sehingga terhindar dari potensi penularan," ujar Anies. 

Anies pun mengimbau kepada seluruh warga Jakarta untuk mengurangi mobilitas di tengah kasus Covid-19 yang masih terus melonjak.

"Mari kita dalam pelaksanaan PPKM mikro untuk mengurangi aktivitas di luar dan perbanyak di rumah. Lakukan pertemuan dengan alat komunikasi jarak jauh sehingga terhindar dari potensi penularan Covid-19," ucap Anies.

Anies juga berpesan kepada para orangtua untuk terus memerhatikan anak-anak mereka mengingat tingginya kasus anak yang terpapar Covid-19 di DKI Jakarta. 

"Ya dengan adanya varian baru, saya pesan keluarga jaga anak-anak. Karena, temuan persentase kita, anak yang terpapar jauh lebih tinggi dari pada lonjakan sebelumnya. Saat ini, 16 persen anak-anak terpapar. Bahkan, ada balita smpai 4-5 persen balita (ikut terpapar). Ini perhatian khusus buat anak-anak," kata Anies. 

Baca Juga: Anies dan Pangdam Jaya Cek Persiapan Rusun Nagrak, Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Anies pun mengatakan dirinya tidak ingin petak di TPU Rorotan terpakai banyak, sehingga ia mengingatkan agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar. 

Kita tidak ingin tempat ini terpakai banyak. Kita ingin tempat ini dipakai sesedikit mungkin. Jadi, harapannya kepada semua, di dalam PPKM mikro ini, kurangi aktivitas di luar, perbanyak aktivitas di rumah saja," pungkas Gubernur Anies.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.