Kompas TV nasional politik

Pimpinan Komisi IX Minta Pemerintah Bangun Tempat Isolasi Hingga ke Tingkat RT/RW

Kamis, 24 Juni 2021 | 11:24 WIB
pimpinan-komisi-ix-minta-pemerintah-bangun-tempat-isolasi-hingga-ke-tingkat-rt-rw
Sejumlah pemikul jenazah dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) menggotong dan memakamkan peti berisi jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Cikadut, Jalan Cikadut, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (1/2/2021). (Sumber: Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena meminta pemerintah untuk segera membangun tempat isolasi Covid-19 berbasis komunitas. Salah satu contohnya seperti membentuk Satgas Covid-19 hingga ke tingkat RT/RW, sehingga nanti masyarakat pun tak lagi kesusahan untuk mencari tempat perawatan. 

"Kita perkuat kapasitas dari tempat-tempat isolasi. Jadi RT, RW kampung atau kelurahan disiapkan betul bagaimana pelatihan dan kemampuan satgas di tingkat lokal. Tenaga kesehatan juga harus diatur distirbusi tenaganya," kata Melki kepada Kompas TV, Kamis (24/6/2021). 

Baca Juga: Wisma Atlet Hampir Penuh, Pasien OTG Covid-19 Kini Diisolasi di Rusun Nagrak

Menurut dia, keputusan pemerintah untuk mengambil keputusan penanganan pandemi ini dengan cara Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) sudah tepat. 

"PPKM Mikro akan membantu di level hulu itu masyarakat dibatasi atau dikendalikan untuk beraktivitas dan itu berbasis kepada skala mikro sehingga di level RT, RW, dusun dan kampung masyarakat bisa dikendalikan, tidak beraktivitas secara besar-besaran dalam jumlah yang banyak," kata dia. 

Selain itu, dirinya juga meminta agar pemerintah mempersiapkan fasilitas kesehatan di setiap rumah sakit agar tak terjadi penumpukan pasien. 

"Puskesmas, klinik, RSUD, rumah sakit rujukan covid, harus diperkuat fasilitasnya, tenaga kesehatan juga harus betul-betul dipersiapakan dalam jummlah yang cukup dan memadai," ujarnya. 

Politikus Partai Golkar itu juga mendesak agar pemerintah mempercepat proses vaksinasi, terutama di zona merah penyebaran Covid-19. 

Baca Juga: Covid-19 Berkepanjangan, Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Diprediksi Turun Hingga 60 Persen

"Juga tentu kita mendorong agar proses vaksinasi dipercepat, khususnya di zona merah. Tentu juga vaksinasi gotong royong juga kita percepat lagi," katanya.

Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:03
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19