Kompas TV nasional politik

Pimpinan Komisi IX Minta Pemerintah Bangun Tempat Isolasi Hingga ke Tingkat RT/RW

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 11:24 WIB
pimpinan-komisi-ix-minta-pemerintah-bangun-tempat-isolasi-hingga-ke-tingkat-rt-rw
Sejumlah pemikul jenazah dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) menggotong dan memakamkan peti berisi jenazah dengan protokol Covid-19 di TPU Cikadut, Jalan Cikadut, Mandalajati, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (1/2/2021). (Sumber: Tribun Jabar/Gani Kurniawan)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena meminta pemerintah untuk segera membangun tempat isolasi Covid-19 berbasis komunitas. Salah satu contohnya seperti membentuk Satgas Covid-19 hingga ke tingkat RT/RW, sehingga nanti masyarakat pun tak lagi kesusahan untuk mencari tempat perawatan. 

"Kita perkuat kapasitas dari tempat-tempat isolasi. Jadi RT, RW kampung atau kelurahan disiapkan betul bagaimana pelatihan dan kemampuan satgas di tingkat lokal. Tenaga kesehatan juga harus diatur distirbusi tenaganya," kata Melki kepada Kompas TV, Kamis (24/6/2021). 

Baca Juga: Wisma Atlet Hampir Penuh, Pasien OTG Covid-19 Kini Diisolasi di Rusun Nagrak

Menurut dia, keputusan pemerintah untuk mengambil keputusan penanganan pandemi ini dengan cara Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) sudah tepat. 

"PPKM Mikro akan membantu di level hulu itu masyarakat dibatasi atau dikendalikan untuk beraktivitas dan itu berbasis kepada skala mikro sehingga di level RT, RW, dusun dan kampung masyarakat bisa dikendalikan, tidak beraktivitas secara besar-besaran dalam jumlah yang banyak," kata dia. 

Selain itu, dirinya juga meminta agar pemerintah mempersiapkan fasilitas kesehatan di setiap rumah sakit agar tak terjadi penumpukan pasien. 

"Puskesmas, klinik, RSUD, rumah sakit rujukan covid, harus diperkuat fasilitasnya, tenaga kesehatan juga harus betul-betul dipersiapakan dalam jummlah yang cukup dan memadai," ujarnya. 

Politikus Partai Golkar itu juga mendesak agar pemerintah mempercepat proses vaksinasi, terutama di zona merah penyebaran Covid-19. 

Baca Juga: Covid-19 Berkepanjangan, Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional Diprediksi Turun Hingga 60 Persen

"Juga tentu kita mendorong agar proses vaksinasi dipercepat, khususnya di zona merah. Tentu juga vaksinasi gotong royong juga kita percepat lagi," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x