Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dianggap Terlalu Mahal, Begini Penjelasan WIMA Soal Harga Motor Listrik Gesits

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 11:11 WIB
dianggap-terlalu-mahal-begini-penjelasan-wima-soal-harga-motor-listrik-gesits
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal motor listrik buatan anak bangsa, Gesits. (Sumber: gesitsmotors.com)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Motor listrik karya anak bangsa, Gesits kini sudah tersedia sebagai salah satu pilihan kendaraan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.

Kendati demikian, harga satu unit Gesits banyak disebut terlalu mahal, di samping keberadaannya yang saat ini masih terhitung jarang.

Per Juni 2021, harga Gesits untuk wilayah DKI Jakarta sebesar Rp 28.700.000. sedangkan di Tangerang Selatan dibanderol Rp 29.200.000 on the road.

Baca Juga: Luhut Minta Tranportasi Online Ikut Pakai Motor Listrik

Direktur Keuangan PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Trihari Agus Riyanto mengatakan bahwa harga Gesits sebetulnya terbilang lebih murah ketimbang merek motor listrik lain yang memiliki spesifikasi sama.

"Kalau dibilang mahal, kami sudah cek juga. Dan sebetulnya, di dunia, motor listrik yang sejenis yaitu yang speknya sama, maka kami (Gesits) termasuk yang paling murah," kata Tri, dikutip dari Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Menurut Tri, saat ini memang banyak motor listrik yang seharga belasan juta bahkan kurang, tapi dengan spek di bawah Gesits.

Baca Juga: Motor Listrik Masuk Kalbar, Gunakan Plat Biru, dan Pajak Lebih Murah

Tri juga mengaku, masih sulit untuk mengubah pola pikir masyarakat terhadap motor listrik, ketika di rentang harga yang sama pilihan motor bensin tak kalah banyaknya. 

"(Dalam rentang) Harga segitu, sebetulnya (Gesits) masih murah Tapi kalau harus dibandingkan dengan (motor) BBM, kami susah karena tidak apple to apple (sejajar, red)," ungkap Tri.

"Tapi kalau dibandingkan (antara motor listrik dan bensin) maka nanti selama tiga tahun efisiensinya akan sama. Setelah itu kami masih irit sepanjang masa, sedangkan dia (motor dengan bensin) sudah tidak," tandas dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x