Kompas TV internasional kompas dunia

Bank Dunia Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Malaysia ke 4,5 Persen

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 00:03 WIB
bank-dunia-turunkan-proyeksi-pertumbuhan-malaysia-ke-4-5-persen
Bendera Malaysia. Bank Dunia pada Rabu (23/06/2021) menurunkan proyeksi pertumbuhan Malaysia tahun 2021 dari 6 persen menjadi 4,5 persen (Sumber: THINKSTOCKS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Bank Dunia pada Rabu (23/06/2021) menurunkan proyeksi pertumbuhan Malaysia tahun 2021 dari 6 persen menjadi 4,5 persen.

Hal itu mengingat pandemi yang tengah berlangsung dan pembatasan pergerakan akan berdampak terhadap perekonomian Malaysia dalam waktu dekat, seperti dilansir Xinhua, Rabu, (23/06/2021)

Bank Dunia menyebutkan dalam laporan terbarunya, revisi tersebut mencerminkan melambatnya langkah menuju peredaman pandemi dan proses distribusi vaksin yang lebih lambat dari perkiraan.

"Jalur dan kecepatan pertumbuhan akan bergantung pada durasi dan level pembatasan pergerakan, pengendalian pandemi, serta kecepatan distribusi vaksin," menurut laporan itu.

Pembatasan pergerakan yang digabungkan dengan perilaku pencegahan yang ditingkatkan serta pertumbuhan gaji yang lemah diperkirakan akan berdampak terhadap aktivitas pengeluaran rumah tangga.

Baca Juga: Malaysia Perpanjang Lockdown Dua Pekan, Ledakan Covid-19 Belum Kunjung Reda

Namun, dengan pulihnya permintaan global, pertumbuhan ekspor kemungkinan akan meraih momentum, sebut laporan itu.

Dengan dilakukannya percepatan program vaksinasi Covid-19 di negara-negara maju dan pembukaan kembali ekonomi mereka, permintaan global diperkirakan akan terus membaik dalam waktu dekat, imbuh laporan tersebut.

"Laju pertumbuhan untuk ekspor barang dan jasa Malaysia diproyeksikan akan mengalami rebound ke angka 13,1 persen pada 2021 (2020: -8,9 persen) seiring permintaan global yang meningkat," papar laporan Bank Dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.