Kompas TV internasional kompas dunia

Tolak Vaksinasi dan Anggap sebagai Eksperimen Medis Berbahaya, 153 Karyawan RS Houston AS Dipecat

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 23:49 WIB
tolak-vaksinasi-dan-anggap-sebagai-eksperimen-medis-berbahaya-153-karyawan-rs-houston-as-dipecat
Dalam foto yang diambil pada 7 Juni 2021 ini, seorang karyawan tampak mengacungkan papan memprotes kebijakan kewajiban vaksinasi terhadap para karyawan RS Houston Methodist di Amerika Serikat. Jika mereka menolak, mereka akan dipecat. (Sumber: Yi-Chin Lee/Houston Chronicle via AP, File)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Fadhilah

HOUSTON, KOMPAS.TV – Lebih dari 150 karyawan di Rumah Sakit (RS) Houston Methodist di Houston, Amerika Serikat (AS), yang menolak vaksinasi Covid-19, dipecat atau mengundurkan diri setelah hakim menolak gugatan mereka atas kewajiban vaksinasi.

Juru bicara RS Houston Methodist menyatakan, sebanyak 153 karyawan telah mengundurkan diri selama periode 2 minggu skorsing atau diberhentikan pada Selasa (22/6/2021).

Sistem rumah sakit di Houston mensyaratkan para karyawannya untuk melakukan vaksinasi lengkap maksimal pada 7 Juni lalu. Keesokan harinya, 178 karyawan diskors selama dua minggu tanpa gaji karena tak mematuhi ketentuan itu.

Baca Juga: Ancaman Rodrigo Duterte untuk Warganya yang Menolak Vaksin: Masuk Penjara atau Keluar dari Filipina

Melansir Associated Press pada Rabu (23/6/2021), para karyawan RS Houston Methodist yang menggugat, menyamakan situasi mereka dengan eksperimen medis terhadap para korban Nazi di kamp konsentrasi selama Perang Dunia 2.

Hakim Distrik AS Lynn Hughes menyebut pembandingan ini “tercela”. Ia juga menyatakan, klaim dalam gugatan yang menyebut bahwa vaksin merupakan eksperimen dan berbahaya adalah salah.

Baca Juga: Rayakan 70 Persen Vaksinasi Covid-19, New York Gelar Pertunjukan Kembang Api

“Jika para karyawan tidak suka dengan persyaratan itu, mereka bisa kerja di tempat lain,” tegas Hughes.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyatakan, meski dilaporkan adanya sejumlah kecil masalah kesehatan, vaksin Covid-19 terbilang aman dan sangat efektif.

Baca Juga: Amerika Serikat Kaji Kasus Peradangan Jantung Pasca Vaksinasi Covid-19 dengan Pfizer dan Moderna

Para karyawan yang menggugat lalu mengajukan banding atas penolakan sang hakim.

Sebelumnya pada awal Juni, seorang hakim federal AS juga telah menolak gugatan 117 karyawan RS atas persyaratan kewajiban vaksinasi itu.

Sistem RS lain di AS, termasuk di Washington, Indiana, Maryland, Pennsylvania dan baru-baru ini di New York, telah mengikuti jejak RS Houston Methodist dan pula menuai penolakan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x