Kompas TV nasional peristiwa

Selamat Hari Bidan Nasional ke-70 Tahun, Dirayakan Setiap 24 Juni

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 23:45 WIB
selamat-hari-bidan-nasional-ke-70-tahun-dirayakan-setiap-24-juni
Ilustrasi persalinan dengan bantuan Bidan (Sumber: Dokumen Sarihusada via kompas.com)
Penulis : Gading Persada | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Hari ini, Kamis (24/6/2021) diperingati sebagai Hari Bidan Nasional. Pada tahun ini, peringatan dilakukan untuk ke-70 kalinya.

Melansir laman Ikatan Bidan Indonesia, bidan tidak hanya punya peran yang sangat krusial untuk memeriksa, membantu merawat, dan juga membantu persalinan untuk wanita hamil.

Bidan juga berperan dalam meningkatkan derajat wanita, seperti melalui pelayanan kontrasepsi, memberikan imunisasi kepada bayi, dan menurunkan angka kematian ibu (AKI).

Bidan adalah sosok orang yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Ia berperan penting dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi, sejak sebelum persalinan hingga setelah persalinan.

Hari Bidan Nasional biasanya dirayakan dengan beberapa acara menarik seperti bakti sosial, pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) kepada perempuan Indonesia, dan masih banyak lagi.

Namun, karena terhalang pandemi Covid-19, acara-acara di Hari Bidan Nasional juga ikut terkendala.

Baca Juga: Bidan Desa di Atambua Barat Rela Berjalan Kaki Kunjungi Pasien yang Tinggal di Daerah Terpencil

Di era Pandemi Covid - 19 ini, peran bidan tetap menjadi salah satu garda terdepan untuk membantu persalinan. Bidan diakui sebagai tenaga kesehatan profesional yang bertanggung jawab, yang bekerja

Serta menjalin kemitraan dengan perempuan dalam memberikan "Continuum of Care" pada pelayanan kesehatan.

Sejarah Hari Bidan Nasional

Peringatan Hari Bidan Nasional sekaligus merupakan hari berdirinya Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berdiri pada tanggal 24 Juni 1951, sebagaimana dilansir dari://ibi.or.id/, dalam situs tersebut juga dijelaskan bahwa IBI merupakan organisasi profesi bidan di Indonesia.

Munculnya Hari Bidan Nasional berawal dari Konferensi Bidan Pertama di Jakarta pada 24 Juni 1951 atas prakarsa para bidan senior yang berdomisili di Jakarta.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x