Kompas TV nasional update corona

Presiden Jokowi Minta Publik Tak Berdebat: PPKM Mikro dan Lockdown Esensinya Sama

Rabu, 23 Juni 2021 | 17:12 WIB
presiden-jokowi-minta-publik-tak-berdebat-ppkm-mikro-dan-lockdown-esensinya-sama
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tak perlu berdebat terkait implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang kembali diterapkan, Rabu (23/06/2021).

Pasalnya, Presiden Joko Widodo menegaskan PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama karena membatasi kegiatan masyarakat.

"PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama, yaitu membatasi kegiatan masyarakat. Untuk itu tidak perlu dipertentangkan," ujarnya dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Terkait kasus Covid-19 yang melonjak dalam beberapa hari terakhir, Jokowi mengungkapkan menerima banyak usulan untuk penanganan pandemi ini dengan melakukan lockdown.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bicara Soal Penanganan Covid-19, PPKM Mikro Jadi Pilihan Pemerintah Pusat

Namun, dengan berbagai pertimbangan dari pemerintah, Jokowi menjelaskan opsi penanganan Covid-19 yang terbaik dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, sosial, dan politik di Tanah Air adalah dengan menjalankan PPKM mikro.

"Pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah, yaitu komunitas," jelas Jokowi.

Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:16
UNIVERSITAS OXFORD UJI KEAMPUHAN OBAT ANTI-PARASIT IVERMECTIN UNTUK PENGOBATAN PASIEN COVID-19   DUKUNG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN, JERMAN BERI HIBAH RP 1,02 T KE INDONESIA MELALUI KERJA SAMA TEKNIS BILATERAL   PEMPROV BALI MEMBANTAH KEBIJAKAN "WORK FROM BALI" SEBAGAI PEMICU LONJAKAN KASUS COVID-19   PEMKOT SURABAYA BELUM PUTUSKAN SOAL PEMBUKAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI TENGAH LONJAKAN KASUS COVID-19   PERAYAAN YADNYA KASADA, KAWASAN BROMO DITUTUP 24-26 JUNI 2021   PEMKAB BANJARNEGARA, JATENG: OBYEK WISATA CANDI ARJUNA DI DIENG DITUTUP SEMENTARA HINGGA 2 JULI 2021   MULAI 27 JUNI 2021, TARIF TOL SEMARANG-SOLO NAIK HINGGA RP 10.000   KEMENKO PEREKONOMIAN SEBUT "LOCKDOWN" TIDAK DIPILIH KARENA BIAYANYA TERLAMPAU MAHAL   DIRLANTAS POLDA METRO JAYA PASTIKAN OJEK DARING BISA MELINTAS DI 10 RUAS PENYEKATAN JAKARTA   PROVINSI KEPULAUAN RIAU MASUK DELAPAN PROVINSI KASUS COVID-19 TERTINGGI SE-INDONESIA   PEMERINTAHAN PRESIDEN JOKOWI HANYA MENGANGGARKAN RP 298 T UNTUK BELANJA MILITER   RSUD CHASBULLAH ABDULMAJID DI KOTA BEKASI MERAWAT PASIEN COVID-19 MELEBIHI KAPASITAS   TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI RS DARURAT COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT, MENCAPAI 90,22%   POLRI: ADELIN LIS DIDUGA MELANGGAR 2 PIDANA TERKAIT PEMALSUAN PASPOR