Kompas TV regional berita daerah

Pelatihan Barista Untuk Penyandang Tuna Rungu

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 17:03 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pelatihan barista di makassara  sulawesi selatan berbeda . Para peserta-lah yang membuat  pelatihan ini berbeda dari biasanya . Mereka yang ikut adalah para penyandang tuna rungu . Mereka belajar meramu kopi  demi menambah kemampuan ditengah keterbatasan .

Jemari sang pelatih barista terus bergerak . Memberi isyarat sekaligus instruksi  teknik dan cara meramu kopi .

Langkah tak biasa ini dilakukan  mengingat pelatihan meramu kopi kali ini punya peserta yang berbeda .  Mereka yang dilatih adalah para penyandang kebutuhan khusus alias penyandang disabilitas .

Para peserta umumnya peyandang tuna rungu . Al – hasil instruksi cara meracik kopi ala café pun dipandu dengan bahasa insyarat . Pelatihan bagi mereka diharapkan bisa membantu menambah kemampuan  meski mereka penuh keterbatasan .   

“ Tantangan di komunisai.mereka faham sama kita, Kami bisa kasih isyarat dan tunjukkan alatnya langsung. cepat tanggap dan minat mereka sama kopi antsuias banget “Ungkap Giant Pallacubang,Barista

Dipelatihan barista kali ini ada sekitar 25 peserta yang ikut ambil bagian . Sebagian besar dari mereka adalah para penyadang disanbilitas . Bantuan kemampuan meracik kopi  bisa jadi solusi ditengah sulitnya ekonomi dimasa padenmi .

 “penyandang disabilas masuk ke dunia usaha.masuk ke kafe kuliner dengan pelatihan ini” ungkap AWALUDDIN HAFID, PENYELENGGARAN atau GM PLN UIW SULSELRABAR

Para penyandang disabilitas memang punya keterbatsan  tapi bukan berarti membatasi harapan mereka . Pelatihan bisa jadi pintu bagi mereka untuk meraih jalan kesuksesan . 


#BARISTA
#TUNARUNGU
#PLN



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.