Kompas TV internasional kompas dunia

Empat Vaksin Covid-19 China Masuk Daftar Ekspor

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 18:53 WIB
empat-vaksin-covid-19-china-masuk-daftar-ekspor
Vaksin Sinopharm. China memasukkan empat vaksin COVID-19, yang telah mengantongi izin pemasaran bersyarat di dalam negeri, ke dalam daftar produk vaksin yang tersedia untuk ekspor (Sumber: AP/Mark Schiefelbein)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

BEIJING, KOMPAS.TV - China memasukkan empat vaksin Covid-19 ke dalam daftar produk vaksin yang tersedia untuk ekspor. Melansir Xinhua, Rabu (23/06/2021) keempat vaksin untuk ekspor tersebut telah mengantongi izin pemasaran bersyarat di dalam negeri.

Menurut sebuah pengumuman yang diunggah di laman situs resmi Kementerian Perdagangan China, keempat vaksin itu buatan Beijing Institute of Biological Products, Sinovac Life Sciences, CanSino Biologics, dan Wuhan Institute of Biological Products.

Di antara vaksin-vaksin itu, dua vaksin yang diproduksi oleh Beijing Institute of Biological Products dan Sinovac Life Sciences telah terdaftar oleh WHO untuk penggunaan darurat.

"Vaksin-vaksin tersebut telah didistribusikan dalam skala besar di China dan telah disetujui penggunaannya di sekitar 100 negara," ujar Li Xingqian, seorang pejabat di kementerian itu.

Baca Juga: Vaksin yang Dipakai Indonesia Efektif Tangani Covid-19, Menkes: Masyarakat Tidak Perlu Ragu

Ilustrasi tampilan vaksin Sinovac asal China. China memasukkan empat vaksin COVID-19, yang telah mengantongi izin pemasaran bersyarat di dalam negeri, ke dalam daftar produk vaksin yang tersedia untuk ekspor (Sumber: DW Indonesia)

"Demi memastikan kualitas dan keamanan produk vaksin serta meningkatkan efisiensi perdagangan, kami mendukung produsen vaksin China yang terdaftar untuk mengekspor sendiri, berkonsentrasi pada peningkatan pasokan produk, menstabilkan ekspektasi pasar, serta membuat vaksin tersedia dan terjangkau untuk semua negara, terutama negara berkembang," sambung Li.

Dirinya menambahkan bahwa China akan terus mendukung produsen vaksin dalam negeri untuk memperkuat kerja sama dengan COVAX, sebuah inisiatif internasional yang bertujuan untuk mempromosikan akses yang adil terhadap vaksin COVID-19.

Kementerian tersebut akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait guna membantu negara-negara asing dalam membeli vaksin dari China, mengambil tindakan nyata untuk membantu menjadikan vaksin-vaksin itu sebagai barang publik global, serta mempromosikan pembangunan komunitas kesehatan global bagi semua.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.