Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi: Esensi PSBB, Lockdown, dan PPKM Mikro Sama, Tidak Perlu Dipertentangkan

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 18:37 WIB
presiden-jokowi-esensi-psbb-lockdown-dan-ppkm-mikro-sama-tidak-perlu-dipertentangkan
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan esensi dari PSBB dan lockdown sama dengan PPKM mikro yang saat ini diambil sebagai kebijakan menekan lonjakan kasus Covid-19.

Presiden Jokowi menjelaskan pemerintah telah mempelajari berbagai opsi penangan Covid-19 dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, sosial, politik, dan pengalaman dari negara lain.

Tidak hanya itu, pemerintah, sambung Presiden Jokowi, juga telah menerima masukan dari masyarakat, kelompok dan pribadi tekait penanganan kasus Covid-19 yang belakangan ini meningkat. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Bicara Soal Penanganan Covid-19, PPKM Mikro Jadi Pilihan Pemerintah Pusat

Termasuk usulan untuk memberlakukan kembali PSBB dan lockdown, mengingat lonjakan kasus positif yang sangat pesat.

Presiden menyatakan pemerintah telah memutuskan menggunakan kebijakan PPKM mikro karena masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan Covid-19, hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yakni komunitas.

"Saya sampaikan PPKM mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarkat. Untuk itu tidak perlu dipertentangkan," ujar Presiden Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/6/2021).

Presiden Jokowi juga meminta gubernur, bupati, dan wali kota untuk meneguhkan komitmen dan mempertajam penerapan PPKM mikro.

Baca Juga: Menganggap PPKM Mikro Tak Efektif, Politikus di DPR Desak Pemerintah untuk Segera Terapkan PSBB



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x