Kompas TV nasional update corona

Presiden Jokowi: PPKM Mikro Masih Jadi Kebijakan Paling Tepat untuk Saat Ini

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 17:07 WIB
presiden-jokowi-ppkm-mikro-masih-jadi-kebijakan-paling-tepat-untuk-saat-ini
Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Kepala Daerah Se-Indonesia Tahun 2021. (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Eddward S Kennedy

BOGOR, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah telah menerima banyak masukan untuk menangani pandemi wabah Covid-19 yang sampai saat ini masih merebak.

Jokowi mengaku menyambut baik masukan yang telah diberikan baik dari kalangan pribadi, kelompok ataupun masyarakat, termasuk ihwam pemberlakuan lockdown. 

Baca Juga: Prabowo Unggah Foto Berdua dengan Jokowi, Gerindra: Nuansanya Keakraban

Namun, setelah mempelajari berbagai opsi penanganan Covid-19 dengan memperhitungkan ekonomi, sosial, dan politik dalam negeri, termasuk juga pengalaman dari negara lain, pemerintah memutuskan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Jokowi mengungkapkan alasan pemerintah mengambil opsi PPKM mikro karena kebijakan itu menjadi yang paling tepat untuk saat ini dalam menekan laju penularan Covid-19.  

“Pemerintah melihat bahwa PPKM mikro masih menjadi kebijakan paling tepat untuk konteks saat ini, karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat,” kata Jokowi dalam konferensi persnya di Istana Bogor pada Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Lapor Jokowi Soal Covid-19, Menkes: Terjadi Peningkatan Luar Biasa

Menurut Jokowi, penerapan PPKM mikro untuk menghentikan laju penularan Covid-19 harus diterapkan hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yaitu komunitas.

Jokowi menjelaskan, penerapan PPKM mikro ataupun lockdown memiliki esensi yang sama, yakni membatasi kegiatan masyarakat. Karena itu, dia meminta agar kebijakan yang telah diambil pemerintah tidak perlu dipertentangkan. 

“Jika PPKM mikro terimplementasi dengan baik tindakan di lapangan diperkuat, semestinya laju penularan Covid bisa terkendali,” ucapnya.

Namun demikian, lanjut Jokowi, persoalannya PPKM mikro belum menyeluruh dan sporadis dilakukan di beberapa tempat. 

Baca Juga: Indonesia Telah Terima 100 Juta Lebih Vaksin, Jokowi Berharap Kekebalan Komunal Segera Tercapai

Untuk itu, dia meminta kepada para gubernur, wali kota dan bupati untuk meneguhkan komitmennya mempertajam penerapan PPKM mikro. 

“Optimalkan posko-posko yang sudah terbentuk di desa dan kelurahan,” tutur Jokowi.

Adapun fungsi posko tersebut untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat agar disiplin menjalani 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak astau menghindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun.

“Pelaksanaan 3 M menjadi kunci menguatkan pelaksanaan 3 T hingga ke tingkat desa. Kita harus lebih disiplin. Disiplin yang kuat dalam menghadapi wabah ini,” kata Jokowi. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Tunjangan PNS Kemenparekraf, Ini Masing-Masing Besarannya hingga Puluhan Juta

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.