Kompas TV video cerita indonesia

Destinasi Baru, Wisata Alam di Hutan Bambu di Balikpapan

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 22:00 WIB
Penulis : Herwanto

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Kota Balikpapan kembali menghadirkan destinasi yang layak disambangi masyarakat. Ekowisata Bamboe Wanadeso, yang berada di Jalan Soekarno Hatta Km 15, Karang Joang, Balikpapan Utara.

Kawasan hutan bambu dengan luas 3,6 hektare ini, mulai ramai dikunjungi satu bulan terakhir. Dirintis sejak 2013 silam, kawasan ini lahir murni dari swadaya masyarakat. Dalam lingkup Kelompok Tani Hutan Mitra Bersama, di bawah pengawasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), UPTD KPHL Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung Balikpapan.

Kemudian, dikarenakan adanya pembatasan, para warga sekitar yang tergabung dalam kelompok tani, meminta izin untuk mengelola area tersebut. Beberapa renovasi, seperti pembuatan jalan setapak. “Awalnya jalan di situ tidak ada, sementara banyak komunitas gowes yang sering ke sana. Jadi, kami buat jalan itu dengan panjang 600 meter, dananya kami kumpulkan dari swadaya juga,” ujar Ketua Pengurus Ekowisata Murdyanto.

Diakui pria berusia 40 tahun ini, banyak pengembangan yang perlu dilakukan. Apalagi, semakin banyak pula pengunjung yang bertandang, bahkan dari luar kota. Karenanya ke depan, pihaknya akan melakukan penambahan fasilitas lagi. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x