Kompas TV regional berita daerah

Mengubah Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Jambi

MERANGIN, JAMBI, KOMPAS.TV - Dari Desa Pinang Merah Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin Jambi, Aipda Iman Teguh Arifyanto anggota satlantas Polres Merangin Jambi berhasil mengubah limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci piring. Sepulang bertugas di satlantas Polres Merangin, Aipda Iman ini sudah menghabiskan kurang satu tahun terakhir berinisiatif untuk mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun cuci piring.

Proses yang dilakukan untuk merubah minyak jelantah menjadi sabun cukup sedrhana, minyak jelantah yang dikumpulkan disaring, kotoran minyak jelantah dibuang, Minyak jelantah dicampur zat kimia jenis KOH. Minyak jelantah di kocok selama 2 sampai 3 jam sampai membentuk pasta. Setelah itu diendapkan selama 24 jam sampai berbentuk cair. Kemudian diberi pewangi dan pewarna.

Ide pembuatan sabut ini muncul ketika sedang makan pecel lele di pinggiran Kota Bangko Merangin. Melihat minyak sisa penggoren dibuang begitu saja, dimasa pandemi ini ia memanfaatkan limbah tersebut untuk diolah menjadi hal yang bermanfaat untuk masyarakat. Dengan tekat yang kuat dan didukung oleh Kapolres Merangin, ia ber eksperimen mencari pengetahuan di google, al hasil ia menemukan cara untuk mengubah limbah minyak jelantah menjadi sabun pencuci piring.

 

#LimbahMinyakJelantahMenjadiSabun #PolresMerangin #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x