Kompas TV nasional sosial

CPNS 2021: Ini Daftar Instansi dan Formasi yang Dibuka untuk Lulusan SMA

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 16:41 WIB
cpns-2021-ini-daftar-instansi-dan-formasi-yang-dibuka-untuk-lulusan-sma
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020) (Sumber: AFP/JUNI KRISWANTO)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Beberapa instansi pemerintahan diketahui telah mengumumkan berbagai formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Dari sejumlah formasi yang dibuka oleh instansi tersebut, terdapat formasi yang dibuka untuk para lulusan SMA atau sederajat.

Diketahui instansi yang telah mengumumkan formasi CPNS 2021 adalah Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Luar Negeri, Kejaksaan RI, Polri, Basarnas, dan BNN.

Melansir Kompas.com, Selasa (22/06/2021) berikut daftar formasi yang telah dibuka untuk lulusan SMA atau sederajat dari instansi terkait.

Baca Juga: Sudah Siap Daftar CPNS 2021? Simak Syarat Umum dan Dokumen Pendaftaran yang Dibutuhkan di Sini!

  • Kejaksaan RI

Katarina Endang Sarwestri, Kepala Biro Kejaksaan RI mengungkapkan terdapat dua jabatan dibuka untuk lulusan SMA di dalam formasi CPNS Kejaksaan 2021.

  1. Pertama yakni Tenaga Administrasi Penanganan Perkara dengan 496 formasi yang dibuka.
  2. Kedua, Pengawal Tahanan/Narapida yang dibuka untuk 494 formasi.
  • Basarnas

Basarnas membuka 248 formasi CPNS 2021 untuk lulusan SMA/sederajat.

  • Rescuer Pemula

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 189 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat renang/sertifikat selam/sertifikat pelatihan SAR.

  • Nahkoda Kapal Kelas I

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV.

  • Mualim I Kapal Kelas II

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 2 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK Pelayaran (Nautika) atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV.

  • Mualim II Kapal Kelas II

Untuk posisi ini jumlah yang dibutuhkan sebanyak 1 orang. Adapun klasifikasi latar belakang pendidikannya, yakni SMA/SMK atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT V.

Baca Juga: Ada 1.035 Formasi yang Dibuka Polri untuk CPNS 2021

  • Mualim I Kapal Kelas IV


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x