Kompas TV nasional politik

Anggota Komisi X Desak Pemerintah Tinjau Ulang Rencana Pembelajaran Tatap Muka

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 15:02 WIB
anggota-komisi-x-desak-pemerintah-tinjau-ulang-rencana-pembelajaran-tatap-muka
Tips Sekolah Aman di Masa Pandemi (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Anggota Komisi X DPR RI Himmatul Aliyah mendesak kepada pemerintah untuk meninjau rencana pembelajaran tatap muka (PTM) pada 1 Juli 2021 mendatang. Pasalnya, kini sedang terjadi lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah wilayah Indonesia. 

"Saya mengharapkan pemerintah daerah di provinsi-provinsi tersebut meninjau ulang pelaksanaan PTM terbatas yang rencananya diadakan pada tahun ajaran baru Juli 2021," kata Himmatul dalam keterangan tertulis, Rabu (23/6/2021). 

Baca Juga: SMPN 1 Medan Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka

Menurut dia, memaksakan penyelenggaraan PTM terbatas saat terjadi lonjakan kasus Covid-19 dapat mengancam kesehatan dan keselamatan guru dan siswa.

Padahal, ketentuan dalam SKB Empat Menteri menyebutkan bahwa proses pembelajaran selama Covid-19 harus memprioritaskan kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan. 

"Mengingat masih terjadinya lonjakan kasus Covid-19, pemerintah daerah harus mempertimbangkan tingkat risiko penyebaran Covid-19 di wilayahnya saat akan memutuskan menyelenggarakan PTM terbatas," ujarnya. 

Politikus Partai Gerindra itu berharap agar orang tua siswa dapat bersabar atas penundaan pemberlakuan PTM terbatas mengingat hal ini merupakan pilihan terbaik demi menjaga kesehatan dan keselamatan siswa. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, DKI Jakarta dan Bogor Stop Uji Coba Sekolah Tatap Muka

"Uji coba dan pelaksanaan PTM terbatas dapat kembali dilakukan setelah terjadi penurunan kasus Covid-19 dan vaksinasi untuk guru sudah selesai sehingga pelaksanaan PTM terbatas dirasa aman bagi guru dan siswa," kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x