Kompas TV tekno aplikasi

Fitur Baru Instagram Indonesia: Reels dan Music

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 13:16 WIB
fitur-baru-instagram-indonesia-reels-dan-music
Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia (Sumber: Dok. Instagram)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Fitur perekam video pendek mirip TikTok dari Instagram, Reels, telah hadir di Indonesia hari ini (23/6/2021).

Pastinya banyak pengguna yang bertanya-tanya bagaimana cara menemukan fitur Reels di Instagram dan apa saja fitur-fitur yang ada di Reels.

Tombol Reels muncul di sisi bawah layar, berdampingan dengan fitur "Post", "Story", dan "Live". Letaknya berada di antara ikon "Search" dan "Shop".

Untuk membuat video Reels, pengguna cukup meng-klik ikon kamera yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih opsi apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri ponsel.

Sebelum diunggah, video bisa ditambahi efek, stiker, musik, caption, dan lain sebagainya. Setelah itu, tinggal klik "Next" di bagian bawah.

Video Reels dapat dibagikan lewat fitur Instagram Stories, Feeds, maupun Direct Message. Pengguna bisa mengatur Reels secara publik atau private.

Baca Juga: Fitur Baru Instagram: Waktu yang Tersisa sebelum Stories Hilang Kini Ditampilkan

Instagram Reels (Sumber: Dok. Instagram)

Selain Reels, ada fitur baru lainnya yakni Instagram Music and Lyrics. Di sini, pengguna bisa memakai katalog internasional maupun lokal untuk berkreasi menggunakan musik yang ada.

Sebenarnya fitur Instagram Music sudah rilis sejak 2019 lalu. Alasan terlambat masuk adalah Instagram belum mendapatkan lisensi musik untuk wilayah Indonesia.  Jika Instagram belum memiliki lisensi pemutaran lagu, perusahaan akan melanggar hak cipta.

Instagram Music sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan potongan lagu, baik dari musisi terkenal hingga indie, dalam video yang dibuatnya. Fitur Instagram Music ini bisa digunakan untuk Reels dan Stories dalam bentuk Sticker.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x