Kompas TV internasional kompas dunia

PBB: 50 Distrik Afghanistan Dikuasai Taliban

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 11:47 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KOMPAS.TV – PBB melaporkan sebanyak 50 distrik dari total 370 distrik di Afghanistan telah dikuasai oleh Taliban sejak awal Mei 2021.

"Lebih dari 50 dari 370 distrik Afghanistan telah jatuh sejak awal Mei. Sebagian besar distrik yang telah diambil mengelilingi ibu kota provinsi, menunjukkan bahwa Taliban memposisikan diri mereka untuk mencoba dan mengambil ibu kota ini begitu pasukan asing ditarik sepenuhnya,” ujar Deborah Lyons, Perwakilan Khusus PBB di Afghanistan dilansir dari Associated Press (23/6/2021).

Penguasaan sejumlah distrik oleh Taliban ini seiring dengan ditariknya tentara Amerika dari Afghanistan. Hal ini juga menunjukkan bahwa Taliban memposisikan diri untuk mengambil alih ibu kota.

Sementara itu pemerintah Afghanistan mengedepankan kerja sama antara pemerintah dan warga serta dukungan internasional untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan.

“Bagi Taliban untuk melanjutkan kampanye militer intensif ini akan menjadi tindakan yang tragis. Ini akan mengarah pada kekerasan yang meningkat dan berkepanjangan yang akan memperpanjang penderitaan rakyat Afghanistan dan mengancam untuk menghancurkan banyak dari apa yang telah dibangun dan dimenangkan dengan susah payah di Afghanistan,” ujar Deborah.

Video Editor: Faqih Fisabilillah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.