Kompas TV entertainment selebriti

Anang Hermansyah Dioperasi karena Idap Batu Ginjal, Ashanty Ungkap Kondisi Terkini

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 08:35 WIB
anang-hermansyah-dioperasi-karena-idap-batu-ginjal-ashanty-ungkap-kondisi-terkini
Anang Hermansyah (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi Anang Hermansyah sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta karena sakit batu ginjal. Ia pun diketahui akan menjalani operasi akibat penyakitnya tersebut.

Dari unggahan di akun Instagram-nya, lelaki kelahiran Jember, Jawa Timur,  ini terlihat mengenakan baju pasien. Kemudian, Anang yang tengah terbaring di atas kasur itu masuk ke sebuah ruangan sambil ditemani sejumlah perawat.

Isteri anang, Ashanty, mengungkapkan kondisi terkini suaminya usai menjalani operasi pengangkatan batu ginjal pada Maret lalu.

"Diangkat batu ginjalnya sudah dari bulan Maret. Pulang dari Dubai niatnya mau ambil selang, kan di dalam badannya masih ada selangnya," kata Ashanty di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Anang Hermansyah Bicara soal Simbol Patah Hati di Lagu Separuh Jiwaku Pergi

Menurut Ashanty, Anang seharusnya hanya menjalani operasi pengambilan selang saja. Namun, tiba-tiba urine Anang berdarah.

Meskipun begitu, Ashanty menyatakan bahwa kondisi suaminya sudah mulai membaik. Anang bahkan sudah diperbolehkan keluar dari rumah sakit.

"Insyaallah sudah bersih, ya. Karena kita enggak mau terlalu lama di rumah sakit. Besoknya sudah bisa pulang, bukan sesuatu yang berat. Kita memutuskan pulang, istirahat, sekarang sudah enakan. Sudah bisa beraktivitas cuma belum boleh yang berat-berat," ucap Ashanty.

Baca Juga: Ashanty Ternyata Punya Masalah di Ginjal Selain Derita Autoimun

Dilansir Mayo Clinic, beberapa penyebab batu ginjal termasuk keturunan, dehidrasi, obesitas, diet tertentu, penyakit radang usus yang meningkatkan penyerapan kalsium, dan lainnya.

Berikut adalah delapan tanda dan gejala penyakit batu ginjal, seperti dilansir Healthline:

1. Nyeri hebat di punggung serta perut

2. Sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil

3. Sering ke kamar mandi

4. Darah dalam urine

5. Urine keruh atau bau

6. Buang air kecil sedikit demi sedikit

7. Mual dan muntah

8. Demam dan menggigil



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x