Kompas TV nasional peristiwa

Hari Layanan Publik Internasional 23 Juni, BPOM Gelar Layanan Obat Product Life Cycle

Kompas.tv - 23 Juni 2021, 07:21 WIB
hari-layanan-publik-internasional-23-juni-bpom-gelar-layanan-obat-product-life-cycle
Kepala BPOM RI Penny K Lukito saat inspeksi ke RS Immanuel sebagai salah satu RS satelit uji klinis vaksin Zifivax. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari ini, 23 Juni, diperingati sebagai "Hari Pelayanan Publik Internasional".

Untuk memperingati hari tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)  menyelenggarakan Forum Pelayanan Publik Terpadu Badan POM di Bidang Obat Sepanjang Product Life Cycle selama satu pekan yang dimulai pada tanggal 21 Juni 2021 sampai dengan 25 Juni 2021. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tema “Sinergisme dengan Semangat Melayani Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Berdasarkan keterangan pers yang dilihat di laman resmi BPOM, kegiatan ini  dilaksanakan terdiri dari Desk Konsul Registrasi Obat : Sinergisme Pelayanan Publik dengan Semangat Melayani Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19, PENA SISOBAT (Peluncuran dan Pengenalan Sistem Informasi Standar Obat) dan Sosialisasi Regulasi Terkini di Bidang Obat,  SMART GMP (Sepekan Melayani Asistensi Regulatori Terpadu GMP), PASTI CDOB (Pekan Asistensi regulaSi TerkaIt CDOB), Pelayanan Mantap di Era Digital (Refreshment Pelayanan Publik AHP, SKI, dan Iklan Obat di Era
Digital Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Pelaku Usaha). 

Baca Juga: BPOM Sebut Pemberian Ivermectin sebagai Obat Covid-19 Harus Berdasar Persetujuan Dokter

"Kegiatan ini akan dilaksanakan serentak di beberapa kota dimana terdapat banyak pelaku usaha di bidang obat, diantaranya Jakarta, Semarang, Surabaya, Depok dan Bekasi, sehingga diharapkan mampu memudahkan pelaku usaha berinteraksi langsung dengan Badan POM untuk mendapatkan informasi terkait pelayanan publik di bidang obat," demikian pernyataan dari BPOM, Selasa (22/6/2021).

 
Pada kesempatan ini juga dilakukan pemberian award atau apresiasi bagi stakeholder yang memiliki komitmen dalam penyelenggaraan program pemerintah dan/atau pengembangan obat di Indonesia. 

Selain itu, untuk menjawab tantangan di era digital dan mendukung kemudahan komunikasi di masa pandemi, diluncurkan One Service Consultation Program melalui fitur layanan live chat pada subsite sertifikasicdob.pom.go.id. 

Baca Juga: BPOM Tegaskan Ivermectin Bukan Obat Covid-19

Pada kesempatan ini juga secara resmi Kepala Badan POM melakukan launching beberapa buku berjudul Buku Pengelolaan Vaksin Covid-19 di Fasilitas Pelayanan Kefarmasian, Buku Seputar Karakteristik dan Mutu Vaksin Covid-19, dan Buku Serba Serbi Obat di Era New Normal.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x