Kompas TV nasional update corona

Pasien Covid-19 Bergejala Ringan Tak Perlu Tes PCR Ulang, Ini Penjelasan Dokter Reisa

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 20:42 WIB
pasien-covid-19-bergejala-ringan-tak-perlu-tes-pcr-ulang-ini-penjelasan-dokter-reisa
Tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro saat konferensi pers terkait Covid-19. (Sumber: Dokumentasi BNPB)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyebut, pasien yang sembuh dari Covid-19 bisa tetap mendapat hasil tes PCR positif. Sebab itu, tes PCR ulang bukan penentu kesembuhan pasien bergejala ringan.

Hal ini ia beberkan dalam Live Instagram Radio Kesehatan dengan tajuk Tata Cara Isolasi Mandiri yang Tepat, Senin (21/6/2021).

Reisa mengatakan, kini pasien Covid-19 yang sembuh usai menjalani isolasi mandiri tidak perlu mengikuti tes PCR lagi.

Baca Juga: Dalam Rapat Paripurna DPR, BPK Sampaikan Temuan Masalah Pelaporan Keuangan Penanganan Covid-19

“Tidak perlu PCR ulang untuk menyatakan sembuh,” ujar Reisa.

Sebelumnya, pada masa awal pandemi Covid-19 pasien dianjurkan melakukan tes PCR kembali di akhir masa isolasi mandiri.

Namun, Reisa menyebut tes PCR ternyata tidak bisa membedakan antara virus aktif yang sedang menginfeksi tubuh dengan virus mati atau partikel sisa Covid-19.

Partikel virus itu juga dapat bertahan hingga berbulan-bulan setelah pasien dinyatakan sembuh. Sebab itu, tes PCR tetap bisa memberikan hasil positif, walau pasien telah sembuh. 

"Makanya, tidak lagi digunakan PCR sebagai penentu kesembuhan, tapi PCR digunakan sebagai penentu diagnosis konfirmasi penyakit," kata Reisa.

Ucapan Reisa ini senada dengan panduan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Kementerian Kesehatan Amerika Serikat.

CDC tidak merekomendasikan tes PCR ulang bagi pasien dengan gejala Covid-19 yang ringan atau sangat ringan. Pasien bergejala ringan inilah yang biasanya menjalani isolasi mandiri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x