Kompas TV nasional update corona

Apakah Anak-Anak Wajib Prokes Pakai Masker? Berikut Rekomendasi WHO

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 20:03 WIB
apakah-anak-anak-wajib-prokes-pakai-masker-berikut-rekomendasi-who
Beberapa dari mutasi (virus) ini jauh lebih ganas, dan tampaknya menyerang anak-anak yang lebih kecil, kata Menteri Pendidikan Chan Chun Sing. (Sumber: Arab News via Reuters)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Protokol kesehatan (prokes) memakai masker di tengah pandemi Covid-19 ini memang harus disiplin dan selalu dilakukan oleh semua orang. Termasuk juga anak-anak.

Namun, sesuai panduan penggunaan masker dalam konteks Covid-19 yang diterbitkan World Healt Organization (WHO) pada 1 Desember 2021, untuk anak-anak ada beberapa pengecualian melihat situasi tertentu.

Situasi dimaksud seperti rentang usia, kebutuhan khusus, dan aktivitas fisik.

Baca Juga: Ibu Baru Melahirkan yang Positif Covid-19 Boleh Kontak dengan Bayinya Selama Terapkan Prokes

Berikut rincian rekomendasi dari WHO:

Pertama, anak usia kurang atau sama dengan 5 tahun, sebaiknya tidak menggunakan masker karena faktor keselamatan, tapi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Penggunaan masker dengan tujuan pengendalian sumber sebaiknya tidak diberlakukan pada anak-anak usia lima tahun dan kurang,” tulis panduan tersebut seperti dikutip Kompas TV pada Selasa (22/6/2021).

Kedua, untuk anak-anak usia enam sampai dengan sebelas tahun, keputusan penggunaan masker sebaiknya menggunakan pendekatan berbasis risiko.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pendekatan berbasis risiko tersebut meliputi; intensitas transmisi SARS-CoV-2, kemampuan anak untuk mematuhi penggunaan tepat masker, dan adanya pengawasan orang dewasa yang cukup.

Selain itu, lingkungan sosial dan budaya sekitar, serta lingkungan-lingkungan spesifik seperti rumah tangga dengan anggota keluarga berusia lanjut, atau sekolah juga jadi faktor pertimbangan.

Baca Juga: Lonjakan Covid-19, minim kesadaran Prokes dan wisata.

Ketiga, penggunaan masker pada anak-anak dan remaja usia 12 tahun atau lebih mengikuti prinsip-prinsip yang sama dengan penggunaan masker pada orang dewasa.

Terakhir, anak-anak dengan imunokompromi atau pasien anak dengan fibrosis kistik atau penyakit lain tertentu (seperti kanker), gangguan, disabilitas, atau kondisi kesehatan tertentu lain yang dapat mengganggu pemakaian masker perlu diberi pertimbangan-pertimbangan khusus.

Baca Juga: WHO Sebut 30 hingga 40 Negara Tidak Sanggup Berikan Vaksin Covid-19 Dosis Kedua



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.