Kompas TV nasional kesehatan

Ivermectin Obat Keras, Ini Efek Samping jika Dipakai Sembarangan

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 18:54 WIB
ivermectin-obat-keras-ini-efek-samping-jika-dipakai-sembarangan
Ilustrasi obat (Sumber: Pixabay)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito menegaskan Ivermectin mengandung bahan kimia keras yang bisa menimbulkan beragam efek samping.

"Ini obatnya adalah obat berbahan kimia ya, tapi bahan kimia yang ada efek sampingnya,"  ujar Penny, Selasa (22/6/2021).

Sebab itu, masyarakat diminta tidak sembarangan dalam mengonsumsi obat anti-parasit tersebut. Artinya penggunaan Ivermectin harus dengan pengawasan dokter dan pembeliannya wajib menggunakan resep dokter.

Dilansir dari Hello Sehat, Ivermectin adalah obat untuk mengobati infeksi parasit cacing gelang.

Obat ini termasuk dalam golongan antihelminitik yang bekerja melemahkan dan membunuh parasit agar berhenti berkembang biak. Ivermectin juga sering digunakan untuk mengatasi skabies.

Ivermectin telah lolos uji oleh Food and Drugs Administration (FDA) dalam dosis terbatas untuk obat antiparasit, bukan sebagai obat antivirus.

Baca Juga: Ivermectin yang Diperkenalkan Erick Thohir Ternyata Obat Cacing

Efek Samping

Obat ini jika digunakan tanpa indikasi medis dan tanpa resep dokter dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan efek samping dari ringan hingga serius.  

Adapun beberapa efek samping paling umum dari penggunaan obat Ivermectin yakni mual, muntah, diare, sembelit, sakit kepala ringan, pusing, muncul ruam kemerahan di kulit, biduran, sakit perut, badan terasa lemas, lesu, dan tidak bertenaga, serta pembengkakan tangan, pergelangan kaki, atau kaki. 

Terdapat juga reaksi alergi yang cukup parah, biasanya ditandai dengan demam, sakit tenggorokan, bengkak pada wajah atau lidah, mata terasa terbakar, sakit kulit, diikuti kemerahan atau keunguan ruam kulit yang menyebar (khususnya di wajah dan tubuh bagian atas) dan menyebabkan melepuh serta terkelupas.

Selain itu, penggunaan Ivermectin yang sembarangan juga dapat menimbulkan efek samping serius. Seperti pandangan buram, jantung berdebar kencang, masalah kandung kemih atau usus, mata bengkak, kejang, bahkan dapat kehilangan kesadaran atau pingsan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x