Kompas TV internasional kompas dunia

Tenang, India Tegaskan Belum Ada Bukti Ilmiah Antara Vaksin Covid-19 dan Kemandulan

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 18:24 WIB
tenang-india-tegaskan-belum-ada-bukti-ilmiah-antara-vaksin-covid-19-dan-kemandulan
Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India pada Senin (21/06/2021) menepis rumor yang mengklaim vaksin Covid-19 dapat membuat orang terancam mandul, seperti dilansir Xinhua, Selasa, (22/06/2021). (Sumber: Getty Images via Canva Pro)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Fadhilah

NEW DELHI, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India pada Senin (21/06/2021) menepis rumor yang mengklaim vaksin Covid-19 dapat membuat orang terancam mandul.

Melansir Xinhua, Selasa, (22/06/2021), pihak kementerian menegaskan rumor itu salah dan tidak berdasar serta tidak ada bukti ilmiah untuk membuktikan klaim tersebut.

"Tidak satu pun dari vaksin yang tersedia saat ini yang dapat memengaruhi kesuburan, karena semua vaksin dan kandungannya telah diuji terlebih dahulu pada hewan sebelum diujikan pada manusia untuk menilai apakah vaksin tersebut memiliki efek samping semacam itu. Vaksin diizinkan untuk digunakan hanya setelah keamanan dan kemanjurannya terjamin," kata pihak kementerian dalam sebuah pernyataan.

"Selain itu, untuk membendung mitos yang umum beredar tentang infertilitas akibat vaksinasi Covid-19, pemerintah India telah mengklarifikasi bahwa tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vaksinasi COVID-19 dapat menyebabkan kemandulan pada pria maupun wanita," sambung pernyataan itu.

Baca Juga: Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19 di India

Buah Delima, Ampuh Tingkatkan Kesuburan Saat Program Hamil. Vaksin diizinkan untuk digunakan hanya setelah keamanan dan kemanjurannya terjamin," kata pihak kementerian dalam sebuah pernyataan. (Sumber: Dok. Pribadi)

Sementara itu, Kelompok Ahli Nasional untuk Administrasi Vaksin Covid-19 (National Expert Group on Vaccine Administration for Covid-19/NEGVAC) India telah merekomendasikan vaksinasi Covid-19 untuk semua wanita menyusui, dan menyebutnya aman tanpa perlu adanya penghentian atau jeda menyusui baik sebelum maupun sesudah vaksinasi.

India memulai program vaksinasi Covid-19 pada 16 Januari dengan memberikan dua vaksin buatan India, yaitu Covishield dan Covaxin.

Institut Serum India (Serum Institute of India/SII) memproduksi Covishield dari AstraZeneca-Universitas Oxford, sementara Bharat Biotech yang bermitra dengan Dewan Penelitian Medis India (Indian Council of Medical Research/ICMR) memproduksi Covaxin.

Belakangan, vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V, juga telah digunakan di negara itu. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x