Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua DPR Usul Pemerintah Terapkan Semi Lockdown Saat Akhir Pekan

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 16:19 WIB
wakil-ketua-dpr-usul-pemerintah-terapkan-semi-lockdown-saat-akhir-pekan
Sufmi Dasco Ahmad, saat Doorstop (Sumber: Leo dan Satrio Kompas TV - JAKARTA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta kepada pemerintah untuk mengambil langkah yang cepat dan tepat dalam menekan kasus Covid-19 di Indonesia. Dirinya mengimbau agar kembali menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau semi lockdown pada akhir pekan. 

"Saya usulkan juga kepada pemerintah karena Sabtu-Minggu, roda perekonomian, terutama perkantoran tutup, kalau bisa dilakukan PSBB atau katakanlah semi lockdown untuk hari libur, terutama," kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (22/6/2021). 

Baca Juga: Percepat Vaksinasi dan Tekan Laju Penyebaran Covid-19

Menurut dia, bila tidak segera diambil kebijakan yang ekstrem, dikhawatirkan nantinya kasus Covid-19 terus menunjukkan tren peningkatan. 

"Soal efektif enggak efektifnya belum tahu karena lonjakan makin tinggi makanya kita perlu ambil langkah," ujarnya. 

Menurut dia, kini wilayah yang harus menjadi konsentrasi khusus adalah DKI Jakarta. Sebab, bila daerah itu tetap dibiarkan penanganannya secara biasa, bukan tak mungkin seluruh fasilitas kesehatan akan dipenuhi pasien Covid-19. 

"Kalau perlu kombinasi keduanya (PPKM dan semi lockdown), supaya apapun yang kita lakukan itu bagaimana caranya menekan lagi Covid-19 terutama di DKI ini," ujarnya. 

Ia menyebut, setidaknya penerapan kebijakan PSBB itu diterapkan selama dua minggu. Karena diperkirakan hingga awal Juli nanti berdasarkan analisis dari sejumlah pakar angka kasus akan terus meningkat. 

Baca Juga: Ibu Baru Melahirkan yang Positif Covid-19 Boleh Kontak dengan Bayinya Selama Terapkan Prokes

"Kita sudah lihat varian baru, juga sudah menjalar saha lihat ada banyak anak terkena Covid-19, wisma atlet sudah penuh," kata dia. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.