Kompas TV nasional kesehatan

Menkes Sebut Capaian 700 Ribu Dosis Vaksinasi per Hari

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 11:21 WIB
menkes-sebut-capaian-700-ribu-dosis-vaksinasi-per-hari
Menkes Budi G Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (31/05/2021) sore (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan (Menkes)  Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan cakupan vaksinasi Covid-19 harian telah mencapai lebih dari 700 ribu dosis. 

Pencapaian tersebut, kata Budi sesuai dengan target vaksinasi yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bulan Juni 2021. 

"Bapak Presiden meminta minggu lalu agar kita bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mencapai angka 700 ribu di bulan ini. Kami laporkan bahwa itu sudah tercapai,” kata Budi di kutip dari Setkab.go.id, Selasa (22/6/2021). 

Budi menuturkan target itu telah tercapai pada Kamis (17/6/2021), dengan angka 716 ribu per hari.

Selanjutnya, Menkes RI ini yakin vaksinasi Covid-19 pada Juli nanti dapat mencapai hingga satu juta dosis per hari. 

Baca Juga: Target Vaksinasi Covid-19 Warga Yogyakarta Selesai Agustus 2021

Menurutnya, dengan melakukan sinergi empat pilar yakni pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, dan Polri target tersebut mampu dicapai. 

Sementara terkait dengan penguatan PPKM Mikro, Budi mengungkapkan Jokowi meminta penguatan upaya 3T atau penelusuran, pengetesan, dan perawatan.

Selain itu adanya penekanan terhadap implementasi di lapangan, terutama pengurangan mobilitas masyarakat serta penerapan protokol kesehatan.

Menutup keterangannya, Budi optimis sinergi yang dilakukan dalam penanganan pandemi, baik dari sisi penguatan PPKM Mikro maupun akselerasi vaksinasi, ditambah dukungan dari masyarakat akan dapat mengatasi lonjakan kasus yang terjadi di sejumlah daerah saat ini.

“Kita percaya bangsa kita adalah bangsa yang kuat, kalau kita bekerja bersama-sama, empat pilar, kita insyaallah akan bisa menghadapi masalah ini bersama," tegas Budi. 

Baca Juga: Kejar Cakupan, Vaksinasi Covid-19 Massal Terus Digelar

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan serta melakukan kegiatan di dalam rumah saja. 

"Kerja keras Bapak-Ibu, ingat batasi kegiatan, stay at home, selama liburan ini stay at home, tinggal di rumah, berkumpul bersama keluarga,” jelas dia. 

Sebagai informasi, Jokowi telah memasang target vaksinasi 700.000 dosis per hari pada Juni ini. Kemudian meningkat menjadi 1 juta dosis per hari pada Juli 2021. 

Diharapkan dengan adanya percepatan vaksinasi ini, herd immunity di Tanah Air dapat segera terbentuk.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Memengaruhi Menstruasi? Ahli: Tidak Ada Bukti Ilmiah di Balik Kekhawatiran Ini



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.