Kompas TV nasional hukum

Hari Ini, Komnas HAM Bakal Periksa Kepala BKN Terkait Kejanggalan TWK Pegawai KPK

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 10:19 WIB
hari-ini-komnas-ham-bakal-periksa-kepala-bkn-terkait-kejanggalan-twk-pegawai-kpk
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana (Sumber: Tangkapan Layar KompasTV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memanggil Kepala  Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana pada hari ini, Selasa (22/6/2021). 

Komnas HAM akan meminta keterangan Bima terkait dugaan pelanggaran HAM dalam pelaksanaan tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara mengungkapkan Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM RI telah melayangkan surat pemanggilan kepada Kepala dan Wakil Kepala BKN RI guna pendalaman keterangan terkait TWK. 

Beka memastikan Bima akan memenuhi panggilan dari Komnas HAM dan memberikan keterangan secara langsung terkait polemik tersebut. 

"Sehubungan dengan hal tersebut, Komnas HAM RI telah mendapatkan konfirmasi bahwa Kepala BKN RI akan hadir langsung untuk memberikan keterangan kepada Komnas HAM RI pada hari Selasa, 22 Juni 2021," kata Beka dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Selasa (22/6/221). 

Baca Juga: Tanggapi Tes TWK KPK, Budayawan Franz Magnis: Pancasila dan Agama Bukan Hal yang Mesti Dibenturkan

Adapun pemeriksaan kepada Kepala BKN ini rencananya akan dilakukan pada siang ini, tepatnya pukul 13.00 WIB.

"Pemanggilan tersebut diharapkan dapat melengkapi keterangan yang telah diberikan mengenai duduk permasalahan sehingga membuat terangnya peristiwa," ujar Beka. 

Sebagai informasi, Komnas HAM sebelumnya telah melakukan pemeriksaan terhadap BKN yang diwakili oleh staf, Rabu (9/6/2021).

Kendati demikian Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan terdapat beberapa pertanyaan yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut dari Bima Haria.

"Karena tadi ada beberapa pertanyaan yang sifatnya bisa dijawab oleh kepala maupun wakil kepala BKN, oleh karena itu kami masih menunggu jadwal agar beliau berdua memberikan keterangan langsung. Karena tidak bisa diwakili oleh stafnya," kata Anam. 

Selain BKN, Komnas HAM juga telah memeriksa KPK pada Kamis (17/6/2021) dan Dinas Psikologi TNI AD juga telah diperiksa pada Rabu (16/6/2021).

Baca Juga: Soal Pertanyaan Pancasila atau Alquran, Kepala BKN: Asesor Melihat Respons, Bukan Jawabannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x