Kompas TV bisnis kompas bisnis

Epidemiolog Sarankan Pemerintah Lockdown Wilayah untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 22:16 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Angka kasus covid 19 naik, epidemiolog sarankan regulator segera lakukan lockdown untuk wilayah yang mencatatkan angka corona tertinggi.

Epidemiolog menilai, DKI Jakarta atau Kudus Jawa Tengah yang mencatatkan angka tinggi kasus covid-19 dan masuknya sejumlah varian baru corona di wilayah tersebut jadi alasan kuat melakukan lockdown provinsi.

Jika tidak, penularan virus akan menyebar ke berbagai wilayah dan berpotensi membuat pelayanan kesehatan bisa kewalahan atau bahkan kolaps.

Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, IAKMI, berpendapat serupa, pemerintah dinilai perlu mengambil langklah "extra-ordinary", dengan melakukan lockdown regional untuk menghentikan penularan corona.

Menurut IAKMI, pelaksanaan PPKM mikro hanya mampu menunda penambahan kasus  tapi tidak efektif  menghentikan penyebaran virus.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum memutuskan kebijakan yang akan dilakukan di tengah lonjakan kasus covid-19 di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan saat ini kebijakan terkait pencegahan, penanganan, dan pengendalian covid-19 masih dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, dan wilayah penyangga, seperti Bogor, Depok, dan Bekasi.

Riza menambahkan, saat ini DKI Jakarta memerlukan kebijakan yang komprehensif, baik, dan cepat, terkait penanganan covid-19 di DKI Jakarta. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x