Kompas TV nasional peristiwa

Info Cuaca BMKG, Selasa 22 Juni 2021: Hujan Merata di Sebagian Sumatera, Seluruh Jawa dan Kalimantan

Kompas.tv - 22 Juni 2021, 04:50 WIB
info-cuaca-bmkg-selasa-22-juni-2021-hujan-merata-di-sebagian-sumatera-seluruh-jawa-dan-kalimantan
Ilustrasi hujan petir yang akan terjadi pada hari ini, Selasa (22/6/2021) di beberapa wilayah Indonesia berdasarkan prakiraan BMKG. (Sumber: Science Daily via Tribunnews)
Penulis : Gading Persada | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV- Peringatan dini cuaca ekstrem kembali dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk hari ini, Selasa (22/6/2021).

Menurut prakiraan BMKG, pada hari ini akan turun hujan dengan intensitas beragam di beberapa wilayah Indonesia antara lain, di sebagian Pulau Sumatera dan seluruh Jawa serta Kalimantan.

Melansir web.meteo.bmkg.go.id, sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Australia yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di sekitar sistem tersebut.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera Utara hingga selat Malaka, dari Samudra Hindia barat Sumatera Barat hingga Riau bagian timur, dari Samudra Hindia barat daya Banten hingga selatan Lampung.

Baca Juga: Peringatan BMKG 21 Juni 2021, Awas, Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Samudra Hindia Selatan Banten

Selain itu, dari Samudra Hindia selatan Banten hingga perairan utara Jawa Barat, dari Kalimantan Timur hingga Laut Sulawesi, dari perairan Pulau Buru hingga perairan utara Sulawesi Utara, di perairan utara Papua-Papua Barat, dan di Papua bagian tengah.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang besok Selasa, 22 Juni 2021.

Baca Juga: Waspada! Awal Pekan, Senin 21 Juni 2021, BMKG: 23 Wilayah di Indonesia Bakal Hujan Lebat

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatra Selatan

- Kep Bangka Belitung

- Lampung

- Banten

- Jawa Barat

- DKI Jakarta

- Jawa Tengah

- Yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x