Kompas TV nasional kesehatan

Vaksin Covid-19 Memengaruhi Menstruasi? Ahli: Tidak Ada Bukti Ilmiah di Balik Kekhawatiran Ini

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 21:11 WIB
vaksin-covid-19-memengaruhi-menstruasi-ahli-tidak-ada-bukti-ilmiah-di-balik-kekhawatiran-ini
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Sumber: Shutterstock.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Jagad Twitter kini tengah diramaikan dengan persoalan, apakah vaksin Covid-19 memengaruhi siklus mentruasi?

Setelah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, sebagian dari kita mungkin mengalami efek samping yang umum, seperti sakit kepala, nyeri lengan, demam, hingga gejala mirip flu.

Namun, belakangan banyak yang mengaitkan efek samping vaksin dengan siklus menstruasi.

Baca Juga: Banyak Anak Meninggal Akibat Covid-19, IDI Mohon Pemerintah Percepat Vaksinasi dan Tes Massal

Tak hanya di Indonesia, Healthline melaporkan ada beberapa keluhan terkait efek vaksin Covid-19 yang diduga memengaruhi menstruasi, di antaranya menggambarkan mentruasi yang tidak teratur hingga mengalami periode yang berat setelah vaksinasi.

Namun, efek tersebut nampak bersifat sementara. Artinya, sebagian besar yang mengalami keluhan tersebut akan kembali ke siklus menstruasi normal beberapa minggu setelah vaksinasi.

Sebuah surat yang ditujukan kepada British Medical Journal (BMJ) melaporkan, sejak awal April 2021, terdapat sekitar 858 kasus perubahan menstruasi yang dilaporkan ke British Medicine and Healthcare Product Regulary Agency.

Baca Juga: Target Vaksinasi Covid-19 Warga Yogyakarta Selesai Agustus 2021

Perubahan menstruasi tersebut meliputi periode berat, pendarahan antar periode, pendarahan vagina setelah menopause.

Efek tersebut lebih umum terjadi pada vaksin AstraZeneca, yang tidak diizinkan untuk digunakan di Amerika Serikat, dibandingkan dengan vaksin Pfizer-BioNTech.

Hingga kini, belum ada penelitian yang dilakukan secara langsung menghubungkan perubahan menstruasi dengan vaksin Covid-19. Terlebih, ada banyak faktor yang dapat memengaruhi perubahan siklus menstruasi, seperti stres, kecemasan, hingga faktor nutrisi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.