Kompas TV regional sosial

Masih Ada 150 Titik Blank Spot di DIY, Ini Solusinya

Senin, 21 Juni 2021 | 19:12 WIB
masih-ada-150-titik-blank-spot-di-diy-ini-solusinya
Ilustrasi jaringan internet sinyal komunikasi di DIY(Sumber: Shutterstock)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Masih ada 150 titik blank spot atau tempat yang tidak tersentuh sinyal komunikasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rata-rata blank spot di DIY itu memiliki radius 200 sampai 500 meter.

Blank spot area di DIY biasanya berada di remote area yang tidak menarik bagi investor secara komersial, seperi lereng Gunung Merapi, perbukitan Menoreh, pegunungan Seribu, dan yang terbanyak di kawasan pantai selatan.

Mengatasi hal ini, Pemda DIY melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY pun berupaya membangun jaringan fiber optik di seluruh DIY.

Saat ini, jaringan fiber optik sudah terbentang sepanjang 600 kilometer dari ujung barat Kulon Progo sampai timur Gunungkidul dan utara Sleman sampai selatan Bantul.

Baca Juga: Gubernur DIY Yakini Wisatawan Jadi Faktor Utama Lonjakan Kasus Covid-19

"Sekarang kami menyelesaikan pembangunan jaringan fiber optik sekitar 300 kilometer dan targetnya 2022 tidak ada blank spot di DIY," ujar Kepala Diskominfo DIY Rony Primanto, Senin (21/6/2021).

Penyelesaian jaringan fiber optik ini juga ditujukan agar SMA dan SMK bisa menikmati fasilitas bandwitdh. Menurut Rony, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi bisa mempercepat pembangunan daerah.

Secara mandiri, Pemda DIY sudah membangun broadband infrastruktur jaringan intranet/internet dan media informasi digital sampai dengan 2021 ini.

Setidaknya Pemda DIY sudah menyediakan broadband internet di 144 titik OPD/UPTD, 57 titik free wifi bagi publik, 71 titik free wifi bagi UMKM, 118 titik bagi SMA/SMK, 23 titik CCTV panoramic dan surveillance, 2 titik videotron, Integrated Development Media Center (IDMC) dan Jogja Center, serta Jogja Istimewa Televisi (JITV).

Baca Juga: Ledakan Kasus Covid-19 di DIY, Sultan HB X Buka Peluang Lockdown

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19