Kompas TV regional berita daerah

Kesdam IV/ Diponegoro Musnahkan Limbah Medis RS Kudus

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 13:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Turut melakukan penanganan Covid 9 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kesdam IV/ Diponegoro ikut berpartisipasi dalam memusnahkan limbah medis dari rumah sakit di Kabupaten Kudus dan sekitarnya. Proses pemusnahan limbah medis salah satunya dilakukan di Rumah Sakit Tentara (RST) Bhakti Wira Tamtama Kota Semarang, Rabu (16/06/2021). 

Menanggapi melonjaknya kasus Covid 19 Varian Delta di Kabupaten Kudus yang berdampak pada banyaknya limbah medis dari pasien yang terinfeksi Covid19, Kesdam IV/ Diponegoro membantu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, khususnya Dinas Kesehatan dengan menyiapkan alat Incenerator di 2 RST untuk memusnahkan limbah medis. Sejumlah armada yang disiapkan sudah mengambil sebanyak 6 ton limbah medis yang berada di wilayah Kabupaten Kudus dan sekitarnya serta tidak dikenakan biaya. “Kesdam IV/ Dipoengoro memiliki 9 rumah sakit tentara yang tersebar dari purwokerto sampai solo, dan ada 54 klinik pratama. Dari 9 rumah sakit tentara ini kami memiliki 2 rumah sakit yang mempunyai Incenerator atau alat untuk pemusnah limbah medis,” jelas Kol CKM dr. Akhmad Rusli Budi, Kakesdam IV/ Diponegoro.

Kakesdam IV/ Diponegoro menegaskan, Covid 19 benar nyata adanya, oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk tetap memegang teguh 5 M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas. Sementara pemerintah daerah dengan zona merah juga harus menggencarkan 3 T, yaitu Testing, Tracing dan Treatment. 

#Covid19 #VarianDelta #5M 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.