Kompas TV bisnis perbankan

BTN Jual 8.000 Rumah Hingga Hotel di Asset Sales Festival 2021

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 13:18 WIB
btn-jual-8-000-rumah-hingga-hotel-di-asset-sales-festival-2021
Ilustrasi Rumah KPR (Sumber: Winland Development)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bank BTN menjual ribuan properti berupa rumah tapak, ruko, apartemen, proyek perumahan dan hotel mililknya. Sebanyak 8.140 unit properti dengan nilai pasar sekitar Rp3 triliun ini ditawarkan dalam rangka Asset Sales Festival Nasional Bank BTN Tahun 2021.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, ribuan aset potensial tersebut adalah aset milik Bank BTN.

“Kami ingin mengajak investor yang tertarik dengan sektor properti untuk bisa ikut dalam Asset Sales Festival Nasional Bank BTN ini. Pastinya banyak properti yang potensial dan menguntungkan bagi mereka,” kata Haru dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (21/06/2021).

Kegiatan Asset Sales Festival tahun ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan di 5 kota tahun lalu. Pada 2020, aset yang berhasil dijual senilai Rp513 miliar. Sedangkan tahun ini, BTN menargetkan penjualan aset senilai Rp600 sampai Rp700 miliar.

Baca Juga: Kenapa Sebaiknya Beli Rumah Sebelum Umur 40? Ini Penjelasannya

Pada Asset Sales Festival 2021, BTN memulainya dar Yogyakarta, kemudian Jakarta dan Surabaya.

"Melalui Asset Sales Festival ini, merupakan waktu yang tepat bagi para investor berinvestasi di sektor properti. Apalagi kondisi industri properti saat ini sudah menunjukkan tanda-tanda pemulihan," ujar Haru.

BTN akan mengerahkan seluruh kantor wilayahnya untuk bisa menjual aset-aset potensial tersebut kepada para investor. Hingga saat ini sudah ada komitmen pembelian aset mencapai Rp 300 miliar.

Menurut Haru, penjualan aset potensial BTN akan mengurangi rasio kredit bermasalah (NPL) dan meningkatkan BTN untuk berekspansi. Terutama dalam memberikan kredit baru di sektor perumahan.

Baca Juga: Mau Beli Rumah dengan KPR Subsidi? Cek Syarat dan Dokumennya

"Kami menargetkan NPL Gross bisa ditekan pada angka rasio sekitar 3,5 persen hingga 3,7 persen, atau turun dari posisi kuartal I-2021 yang sebesar 4,25 persen" tutur Haru.

Hingga Mei 2021, Bank BTN berhasil melakukan recovery aset senilai Rp423 miliar. Dengan adanya kegiatan Asset Sales Festival ini, diharapkan jumlah aset recovery bisa bertambah lagi mencapai Rp 2,1 triliun tahun ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.