Kompas TV kolom catatan jurnalis

Viral! Christiano Ronaldo Geser Botol Cola, Ini Bahayanya Minuman Bersoda

Senin, 21 Juni 2021 | 12:40 WIB
viral-christiano-ronaldo-geser-botol-cola-ini-bahayanya-minuman-bersoda
Aksi Christiano Ronaldo geser botol cola pada konferensi pers Piala Eropa 2020. (Sumber: Tangkapan layar @Sahabatgizi)

Catatan jurnalis: Yasir Neneama

Jagat media sempat ramai dengan video aksi bintang sepak bola asal Portugal Cristiano Ronaldo, yang menggeser dua botol minuman bersoda pada konferensi pers jelang pertandingan Piala Eropa 2020 Senin (13/6/2021). Dalam video tersebut juga CR7 mengangkat minuman air mineral dan ditunjukan ke awak media.  

Aksi Ronaldo ini membuat kita bertanya apa bahaya dari konsumsi minuman bersoda? 

Bahaya minuman bersoda

Penelitian dari Lebda et al dalam jurnal Metabolic Brain Disease yang di publish di National Library of Medicine 2017 menunjukan zat aspartam yang terkandung pada minuman soda memiliki dampak pada fungsi otak, mengganggu produksi energi pada otak, serta berhubungan pada kejadian stres oksidatif dan apoptosis pada otak atau kematian sel pada otak. Hal ini tentu berdampak buruk karena akan berisiko kerusakan pada sel otak.

Penelitian lain dalam jurnal Cancer Epidemiol Biomarkers tahun 2010 juga menyatakan mengonsumsi minuman bersoda  sangat berkontribusi terhadap hiperglikemia dan hiperinsulinemia.

Kemudian, jika mengkonsumsi terlalu banyak akan mengalami resiko obesitas dan diabetes mellitus tipe 2, juga sebagai penyebab kanker pankreas.

Kadar gula yang tinggi dalam minuman soda memaksa kelenjar pankreas untuk mengeluarkan insulin untuk metabolisme gula. Sehingga mengakibatkan kinerja pankreas menjadi tidak seimbang.

Hal yang sama juga disampaikan oleh dokter spesialis gizi klinik dr Diana Suganda. Konsumsi minuman bersoda tidak terlalu disarankan karena  jika berlebihan bisa menyebabkan obesitas karena jumlah kalorinya yang tinggi. 

“Kalorinya sekitar 200 sampai 250 kalori per saji. Mending 250 kalori nya diganti dengan makanan lain seperti nasi dengan lauk Pauk. Selain itu, resiko kalau seandainya rutin meminum minuman bersoda bisa meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal hampir 23% kenaikannya. Memang tidak disarankan untuk minuman Bersoda atau berkarbonasi,” ujar dokter spesialis gizi klinik dr Diana Suganda.

Penulis : Laura Elvina

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

BNPB Bagi 125 Ribu Masker di Kota Malang

Selasa, 14 September 2021 | 18:59 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
19:14
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19