Kompas TV religi beranda islami

Ngajak Ortu Baca Quran dan Mengaji

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 11:49 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Birrul walidain (berbakti kepada kedua orang tua) merupakan jalan yang haq dalam menggapai ridha Allah ‘Azza wa Jalla.

Sebagaimana tersurat dalam surat al-Israa’ ayat 23-24, dimana Allah Ta’ala berfirman,

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (Al-Israa’ : 23-24)

Kemudian berlaku Ihsan. Yang dimaksud ihsan disini adalah berbakti kepada kedua orang tua, yaitu dengan menyampaikan setiap kebaikan kepada keduanya semampu kita dan bila memungkinkan mencegah gangguan kepada keduanya.

Namun di sisi lain kita juga wajib berusaha mencegah ‘uququl walidain yakni gangguan yang ditimbulkan seorang anak terhadap keduanya, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Seperti gangguan berupa perkataan, yaitu mengucapkan “ah” atau “cis”, berkata dengan kalimat yang keras atau menyakitkan hati, menggertak, mencaci maki dan lain-lain.
 

Wallahu 'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x