Kompas TV nasional politik

Wakil Ketua DPR Minta Asrama Haji Pondok Gede untuk Difungsikan Jadi Rumah Sakit Darurat Covid-19

Kompas.tv - 21 Juni 2021, 07:42 WIB
wakil-ketua-dpr-minta-asrama-haji-pondok-gede-untuk-difungsikan-jadi-rumah-sakit-darurat-covid-19
Wakil Ketua DPR RI Sufri Dasco Ahmad di kompleks parlemen. (Sumber: Kompas.com/Tsarina Maharani)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Kasus Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan tren peningkatan di sejumlah daerah, khususnya di wilayah DKI Jakarta. Hal itu membuat tempat tidur yang terisi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran pada Minggu (20/6/2021) mencapai 82,71 persen. 

Sisa tempat tidur di Wisma Atlet kini hanya ada 1.352 tempat tidur. Mayoritas pasien yang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran tak bergejala. Dalam sehari terakhir 500 pasien sembuh setelah menjalani perawatan di sana. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta kepada pemerintah untuk menjadikan Asrama Haji Pondok Gede dialihfungsikan menjadi tempat isolasi dan perawatan pasien Covid 19 untuk sementara waktu. Sebab, bila tak dipersiapkan dari awal, dikhawatirkan nanti penanganan pasien jadi terbengkalai.

Baca Juga: 128 Warga di Tambora Terjaring Razia Prokes, 4 Orang Dinyatakan Positif Covid-19

"Saya minta kepada pemerintah agar Asrama Haji Pondok Gede dipersiapkan untuk menampung pasien Covid 19 yang tidak tertangani di rumah sakit. Mengingat tahun ini tidak ada kegiatan ibadah haji, jadi sebaiknya dimanfaatkan untuk hal lain," kata Dasco dalam keterangan tertulis, Senin (21/6/2021).

Ia menyebut, nantinya tempat itu dikoordinir langsung oleh pemerintah melalui Kementerian Agama dan Rumah Sakit Haji. 

"Sehingga untuk koordinasi dengan pemerintah pusat pun tetap mudah dan berjalan dengan baik," ujarnya. 

Menurut dia, kini dibutuhkan sebuah kebijakan yang cepat dan tepat dalam menangani pandemi Covid-19 yang setiap harinya terus mengalami penambahan. Oleh sebab itu, pemerintah diharapkan segera mengeluarkan keputusan untuk mengalihfungsikan Asrama Haji Pondok Gede menjadi rumah sakit darurat. 

Baca Juga: RS Darurat Wisma Atlet Telah Terisi 82,71 Persen

"Ibadah haji dan ikhtiar menyembuhkan nyawa manusia adalah sama-sama ibadah. Dan agama juga membolehkan alih fungsi untuk sesuatu yang darurat dan bermanfaat," kata dia. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.